Ihsan Muhadi : ASN Kemenag Harus Menjadi Teladan Masyarakat di Sekitarnya

Sukoharjo – Di halaman Aula Kankemenag Kabupaten Sukoharjo genangan air sisa hujan semalam belum sepenuhnya mengering, bahkan butir-butir air pun masih bergelayutan di ujung dedaunan yang rimbun dan menghijau. Sesekali butiran air itu jatuh menetes bak mutiara. Sungguh indah dan mendamaikan hati, nuansa yang tak mungkin akan ditemui manakala negeri tercinta ini bergulat dalam kecamuk peperangan. Untunglah di negeri ini tak kering dari orang-orang berhati mulia yang tidak menghendaki anak turunnya hidup dalam belenggu penjajahan, yang menginginkan putra-putrinya duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi dengan bangsa-bangsa lain diseluruh dunia, mereka adalah pahlawan bukan hanya sekedar membela bangsa melainkan juga meninggikan hak-hak dan martabat manusia.

Mungkin sudah saatnya kita menengok kedalam ruang hati kita masing-masing, adakah penghargaan yang kita ukir didalam hati kita atau paling tidak ucapan terima kasih sebagai ungkapan rasa syukur kita  atas tulusnya perjuangan para pahlawan tersebut yang telah rela mengorbankan  harta bahkan nyawa untuk kemerdekaan tanah airnya yang kita tinggali saat sekarang ini..

Setidaknya itulah perasaan yang ingin diungkapkan oleh Agus Suranto salah seorang ASN Kankemenag Kabupaten Sukoharjo yang ditemui seusai melaksanakan apel peringatan Hari Kebangkitan Nasional di halaman Aula Kankemenag bersama-sama dengan Para Pejabat/Kasi dan seluruh ASN di lingkungan Kankemenag, Kamis(230/05/2021) pagi tadi.

Dikatakan lagi oleh Agus, terlebih sebagai ASN sudah sepatutnya kita senantiasa meningkatkan kecintaan pada tanah air dan mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan tersebut dengan penuh semangat pantang menyerah meskipun di masa pandemi kovid seperti saat sekarang ini. “Kita sebagai pelayan abdi negara harus lebih meningkatkan kecintaan kita pada tanah air berkat perjuangan para pahlawan, kita tinggal mengisi aja, tetap semangat meskipun sekarang sedang pandemi kovid kita harus bangkit kembali istilahnya jangan menyerah,” tutur Agus penuh semangat.

Hal senada juga disampaikan oleh Ihsan Muhadi Kakankemenag Kabupaten Sukoharjo yang memimpin jalannya Peringatan Harkitnas kali ini. Ia menggaris bawahi, selain untuk semakin menumbuhkan semangat nasionalisme, melalui peringatan kali ini Ihsan mengingatkan agar sebagai ASN hendaklah mampu menjadi teladan bagi masyarakat disekitarnya dalam upaya pelaksanaan prokes dilingkungannya masing-masing.

“Ini adalah apel bagi semua ASN di Kankemenag Sukoharjo, sebagaimana kita ketahui 20 Mei adalah hari kebangkitan nasional, kita berharap dengan kita menyanyikan lagu Indonesia raya tadi dapat membangkitkan semangat nasionalisme bagi para ASN, semangat kebangsaan bagi kita semuanya sehingga ditengah-tengah pandemi Covid-19 ini dengan semangat nasionalisme kebangsaan, kita akan mampu berpartisipasi untuk selalu memberikan teladan didalam rangka mencegah penularan kovid tentunya dengan menjalankan protokol kesehatan 5M tadi, harapannya pandemi covid ini segera berakhir, insyaallah bangsa Indonesia bisa bangkit lagi sebagaimana tahun-tahun sebelumnya untuk mewujudkan bangsa yang sejahtera adil dan makmur yang tentunya menjadi harapan kita semua,” pungkas. (djp)