Sebanyak 362 Siswa Perebutkan Juara Lomba Sains MTsN 1 Pati

Pati – Pelaksanaan lomba SAINS se-Karesidenan Pati dalam rangka Harlah MTs N 1 Pati begitu ramai diikuti oleh peserta, Minggu (10/03). Sebanyak 362 peserta mengikuti lomba SAINS baik dari MI maupun SD se Karesidenan Pati. Selain dari kota Pati sendiri, peserta lomba juga ada yang berasal dari Jepara bahkan Jakarta. Hal ini menunjukkan bahwa para peserta sangat antusias dalam mengikuti lomba SAINS ini.

Lomba yang setiap tahun digelar dalam rangka Harlah MTsN 1 Pati itu disambut positif oleh para peserta, terbukti jumlah peserta tahun ini lebih banyak daripada tahun sebelumnya, padahal persyaratan peserta tahun ini hanya diikuti oleh kelas VI SD/MI.

Acara pembukaan lomba SAINS dimulai pukul 07.00 dengan menampilkan berbagai pentas seni dari siswa-siswi Boarding School Az-Zahra, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci yang dibawakan oleh salah satu siswi Boarding School (Maulida) bidang tahfidz hafalan 10 juz, sambutan dari Kepala Madrasah dan diakhiri dengan pengarahan dari panitia lomba.

Lomba SAINS yang diselenggarakan kali ini menggunakan sistem CBT (Computer Based Test) dimana semua peserta menggunakan komputer sebagai media untuk mengerjakan tes. Ini adalah kali pertama selama pelaksanaan lomba digelar. Terdapat 3 mata pelajaran yang di ujikan yaitu Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Matematika dengan 3 sesi, sesi yang pertama dilaksanakan pukul 08.30 dan sesi ke 3 selesai pada pukul 13.00.

Kepala MTsN 1 Pati, Ali Musyafak dalam kata sambutannya menyampaikan, tujuan diselenggarakan lomba sains adalah untuk menjalin tali silaturahmi antar SD/MI se karesidenan. Disamping itu juga untuk meningkatkan mutu pendidikan, “Semoga melalui lomba ini para siswa terbaik dari setiap SD/MI dapat mengukur kemampuan melalui hasil peringkat yang diperoleh nantinya” ujar Syafak

Melalui lomba ini mampu menyampaikan informasi kepada masyarakat luas tentang keberadaan MTsN 1 Pati yang berada di pelosok desa tetapi penuh dengan prestasi baik akademik maupun Non akademik, serta memiliki program unggulan Tahfidz Qur’an dan OSN dengan boarding school nya,” terang Musyafak.

“Tahun ini pelaksanaan lomba sains sangat spesial karena mendapat peserta sebagai tamu kehormatan dari Jakarta SDN Duren Sawit,” imbuhnya.

Diakhir acara, panitia mengumumkan siapa yang mendapatkan juara di masing-masing mata pelajaran. Untuk mata pelajaran IPA yang mendapatkan juara satu s/d enam adalah sebagai berikut: Septiandro Surya Dewangga (SDN Jongso), Heninsyah Yasmin Mafaza (SDIT Muhammadiyah Pati), Ahmad Amirul Murtadho (MI Roudlotusysyubban), Qurrotu Aini (MIN 02 Jepara), Maulana Habibur Rahman (SDN Gabus 01), dan Tassya Salsabila Fitriani A (MIN 02 Jepara). Sedangkan untuk mata pelajaran IPS yang meraih juara adalah: Nasywa Agista Ainun N (MI Miftahul Huda), Gayuh Lintang Cahyono (SDN Danyangmulyo 01), Muhamad Afnan Nur F (SDN Kuryokalangan 02), Fadlilah Uzma (MI Roudlotusysyubban), Mohamad Rajwa Aufa P (SDIT Muhammadiyah Pati), dan Rizqi Alifa Ramadhani (MI Tarbiyatul Islamiyah). Dan untuk mata pelajaran Matematika diraih oleh: Qeis Rashidan Faozal (SDN Kedalingan 02), Dhamar Wisnu Mahendra (SDIT Abu Bakar Ash Shidiq), Louie Narotama Oki Mahendra (SDN Pati Kidul 01), Syafa’atun Nadziroh (SDIT Abu Bakar Ash Shidiq), Nazhifa Aqiila Inaaya (SDIT Muhammadiyah Pati), dan Amalia Syifa Nur H (SDIT Umar Bin Khattab Juwana)

Perolehan juara satu s/d enam, pihak penyelenggara lomba yaitu MTsN 1 Pati akan memberikan apresiasi berupa piagam, medali dan uang pembinaan. Khusus untuk juara satu, dua dan tiga yang nantinya melanjutkan sekolah di MTsN 1 Pati akan diterima secara langsung sebagai peserta didik baru tanpa melalui tes.

Sementara itu, saat kami temui secara terpisah, Kepala Kantor Kemenag Kab. Pati, Imron Rosyidi sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. “Kegiatan ini dapat menjalin silaturrahmi antar SD ataupun MI se-Karesidenan Pati. Selain itu juga dapat meningkatkan kualitas pendidikan karena dengan adanya lomba akan tercermin siapa yang mampu bersaing antara yang satu dengan yang lainnya dengan memperebutkan gelar juara,“ pungkasnya. (Am/Wul)