Sebanyak 9.820 Jemaah Haji SOC Tiba di Madinah, 2 Jemaah Telah Wafat

Boyolali (PHU)- Sebanyak 30 kloter jemaah haji Embarkasi Adi Sumarmo telah diberangkatkan ke Madinah. Sesuai dengan data yang dihimpun dari Siskohat (Sitem Komputerisasi Haji Terpadu) pada hari Kamis (26/07) pukul 11:00 WIB, tercatat 10.525 jemaah haji yang tergabung dalam 30 kloter tersebut.

Dari monitoring data di Siskohat, sampai dengan saat ini 9.820 CJH telah tiba di Madinah dan 2 orang diantara jemaah haji yang tiba di Madinah dilaporkan wafat. Adapun yang dimaksud sebagai berikut:

  1. Siti Aminah Rasyip, usia 57 tahun, asal Kabupaten Batang, Kloter 05, wafat pada tanggal 23 Juli 2018;
  2. Sunarto Sueb Sahad, usia 57 tahun, asal Kabupaten Brebes, Kloter 15, wafat pada tanggal 23 Juli 2018.

“Cuaca terik di Arab Saudi perlu diantisipasi dengan baik oleh jemaah haji. Selain harus sering minum meskipun tidak terasa haus, jemaah juga harus menghindari paparan langsung matahari. Harus lebih banyak beraktivitas di dalam hotel serta menggunakan pelindung diri baik payung dan sandal saat berada di luar,” terang Abdul Basir selaku Ketua MCH (Media Center Haji) Bandara disaat memberikan keterangan via Whatsapp, Kamis (26/07).  

Dijelaskan, pada siang hari suhu rata-rata di Madinah berkisar sampai dengan 41 derajat celcius antara pukul 11.00 sampai dengan 18.00 Waktu Arab Saudi, dimana pada kondisi suhu tersebut jemaah haji rawan berpotensi dehidrasi dan terkena heat stroke.

“Selain dengan banyak minum air putih dan memakai pelindung diri, jemaah haji diharapkan sesering mungkin menyemprot wajahnya dengan air dingin,” ujar Basir.

Basir berharap apabila jemaah haji benar-benar mengalami gejala dehidrasi sebaiknya sesegera mungkin untuk menghubungi petugas haji disana. (djs/gt).