Semangat Berbagi untuk Pelajar Kurang Mampu

Surakarta – Raut wajah seratusan siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Surakarta 2 terlihat ceria. Seperti halnya Yusuf Muhammad Abu Dzar Al Ghifari, siswa kelas VIII-B, betapa tidak? pagi itu Yusuf akan membawa pulang hadiah dari para guru sekolah mereka, yakni berupa sepeda baru.

Selain Yusuf, ada Pandhu Amalish, Ari Febriyanti dan sejumlah siswa lainnya yang juga mendapatkan sepeda baru dari sekolah mereka seusai pelaksanaan Upacara Hari Kebangkitan Nasional (HARKITNAS) 2016 yang digelar di halaman sekolah setempat, Jumat (20/5).

Pemberian sepeda kepada para siswa tersebut sekaligus juga dalam rangka memperingati Milad ke-38 tahun MTsN Surakarta 2.

Seusai Upacara, Kepala MTsN 2 Surakarta, Sunarto mengatakan bahwa sepeda-sepeda tersebut diberikan oleh pihak sekolah sebagai bentuk kepedulian kepada para siswa, khususnya siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu.

“Dananya dihimpun dari para guru dan pegawai MTsN 2 Surakarta, baik itu berupa zakat, infak juga dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) dan diberikan kepada para siswa yang berasal dari keluarga yang kurang beruntung, seperti dari keluarga miskin, yatim piatu, dan sebagainya,” ungkap Sunarto.

Dia menjelaskan, pemilihan siswa penerima sepeda sudah melalui proses seleksi, termasuk survey ke rumah siswa. Harapannya dengan diberikannya sepeda kepada anak-anak tersebut, agar mereka bisa memanfaatkan dengan baik, terutama untuk mendukung kegiatan belajar mereka di Sekolah.

“Kami berharap sepeda-sepeda ini bermanfaat untuk mereka terutama agar bisa gunakan dalam rangka menuntut ilmu,” katanya.

Salah satu siswa yang mendapatkan sepeda, Yusuf, mengaku senang. “Saya kalau ke sekolah biasanya diantar, tapi sekarang dengan adanya sepeda ini tentu akan saya pakai untuk berangkat ke sekolah setiap hari,” kata yusuf.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa tengah Jamun yang hadir dalam acara itu, berharap momentum Milad MTsN Surakarta 2 dapat menjadi momentum yang memacu peningkatan kualitas pendidikan di MTsN Surakarta 2, baik dari akademik mapun non-akademik.

Pada kesempatan yang sama ketua komite MTsN Surakarta 2, Anwar Hamdani menambahkan, saat ini perkembangan MTsN Surakarta 2 sangat menggembirakan. Pihaknya berharap ke depan ada partisipasi masyarakat untuk ikut ambil bagian dalam memajukan kualitas pendidkan di MTsN Surakarta 2.(abc/gt)