Semarak Ramadhan di Kankemenag Sragen

Sragen-Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah. Selain bulan penuh berkah, Bulan Ramadhan juga bulan diturunkannya Al Quran. Suasana kesejukan Bulan Ramadhan begitu terasa di Indonesia. Suasana Ramadhan akan mudah kita temui di kota, desa, pusat perbelanjaan, televisi dan juga di kantor-kantor baik swasta maupun pemerintah.

Demikian pula halnya di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sragen, suasana Ramadhan begitu terlihat. Setiap pagi diawal jam kerja mulai Senin (29/05) semua karyawan mengawalinya dengan membaca Al Quran. Menurut Kasubbag TU Kankemenag Sragen, Kusnul Hadi kegiatan ini dimaksudkan untuk menghidupkan suasana Ramadhan dan mendekatkan diri kepada Allah.

“Tadarus di Bulan Ramadhan ini kita adakan agar para karyawan dapat semakin menambah amalnya di bulan ini, khususnya dengan banyak membaca Alquran” ujarnya. “Para karyawan kami minta untuk membaca AlQuran di awal jam kerja sekitar 30 menit,” jelasnya.

Kebijakan baca alquran di awal jam kerja ini selain menyasar karyawan yang sudah lancar membaca, dilakukan juga karyawan yang masih perlu melancarkan bacaannya.

“Para karyawan kami bagi beberapa kelompok, baik yang sudah lancar maupun belum lancar membaca, setiap kelompok dibimbing oleh para penyuluh agama” kata Kusnul. “Untuk yang sudah lancar diharapkan bisa bersama sama menghatamkan AlQuran, sedang bagi yang belum lancar membaca diharapkan setelah usai Bulan Ramadhan ini dapat lancar membaca” tambahnya.

Selain kegiatan pembacaan Alquran di awal kerja, untuk menambah wawasan dan keilmuan para ASN di lingkungan Kankemenag Sragen, Seksi Bimas Islam mengadakan “Kajian Ramadhan”.

“Untuk semakin memperkaya wawasan keagamaan ASN, kami adakan Kajian Ramadhan setiap Rabu pagi, kegiatan ini akan diikuti seluruh karyawan Kankemenag, semua Kepala KUA, semua Kepala Madrasah dan pengurus KKG PAI maupun MGMP PAI SMP, SMA/SMK, untuk narasumbernya  akan kami hadirkan para kyai/ustadz dari Sragen dan sekitarnya” tambahnya.

Semua kegiatan yang diadakan Kankemenag Sragen ini diharapkan akan semakin menyemarakkan Bulan Ramadhan dan juga meningkatkan kualitas diri para karyawan yang tentunya diharapkan pula ada dampak peningkatan kinerja. (ira1/Wul).