Seminar PTK Dorong Guru Kreatif Memilih Model Pembelajaran

Banjarnegara – Untuk memenuhi tugas guru dalam meningkatkan kompetensi, maka dengan bertempat di Gedung MTs Al-Fatah, 9 orang guru PNS yang bertugas di MTs Negeri/Swasta dan MAN/MAS mengadakan seminar Penelitian Tindakan Kelas (PTK), (8/10/2021)

Kegiatan ini dilakukan sebagai wujud dari Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) unsur publikasi ilmiah. Hal ini ditegaskan dalam Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009.

Seminar PTK dilaksanakan sebagai isyarat untuk memenuhi poin angka kredit bagi guru PNS yang akan mengajukan kenaikan pangkat. Berlaku sebagai penyelaras dalam seminar kali ini adalah pengawas madrasah jenjang MTs dan MA Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara Nurlaela Isnaeni.

Beliau berpesan bagi peserta untuk menekankan sisi kelebihan dari judul PTK yang diangkat. “Supaya lebih bisa diterima oleh teman-teman guru sebagai peserta seminar. Termasuk dalam penulisan abstrak juga mohon dijelaskan pengertian dari judul PTK. Karena abstrak merupakan penjelasan inti dari penelitan yang dilakukan,” ungkapya

Sementara Kasi Pendidikan Madrasah, Slamet Wahyudi dalam sambutannya mengatakan mendukung kegiatan seminar. “Usahakan dari apa yang sudah dituangkan dalam PTK diterapkan dalam pembelajaran yang sesungguhnya percuma saja jika penelitian hanya sekedar untuk memenuhi tuntutan PKB sebagai syarat kenaikan pangkat dan golongan,” ucapnya.

Dari 9 orang guru yang menyampaikan penelitiannya sudah memenuhi kriteria baik dari sisi sistematika penulisan maupun materi pembahasan sesuai dengan judul yang meliputi dua variable saling berpengaruh. “Good luck untuk guru-guru MTs/MA dalam pengajuan kenaikan pangkat dan golongan,” pungkas Nurlaela Isnaeni. (nl/ak/rf)