Sinergitas Kemenag dan Dinsos P3AKB Membangun Keluarga sejahtera

Klaten – Tokoh agama sebagai panutan di tengah-tengah masyarakat dinilai memiliki peran strategis dalam mewujudkan keluarga sejahtera di masyarakat. Hal ini disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten Masmin Afif saat ditemui humas dalam Pengukuhan Kepengurusan Forum Antar Umat Beragama Peduli Keluarga Sejahtera dan Kependudukan (FAPSEDU) dan Koalisi Indonesia untuk Kependudukan dan Pembangunan Kabupaten Klaten periode 2018-2022 yang dilaksanakan di Aula Al Ikhlas Kemenag Klaten, Kamis (7/12).

“Tantangan pembangunan kependudukan, terutama terkait dengan pembangunan kualitas manusia tentunya menjadi tanggung jawab para tokoh agama,” tandas Masmin.

Tujuan dibentuknya FAPSEDU adalah sebagai wahana untuk menampung aspirasi peduli terhadap masalah kependudukan dan pembangunan di Kabupaten Klaten.

“Kami mendukung sepenuhnya program kerja FAPSEDU, bersinergi, membangun keberagaman, membangun keluarga yang sehat, cerdas dan sejahtera, dengan keanekaragaman, melalui berbagai program yang strategis, untuk mewujudkan harmonisasi di tengah-tengah umat bergama, atau masyarakat yang beragam dan pluralistik (majemuk),” tegas Kakankemenag.

Kementerian Agama punya banyak program, termasuk sumber daya manusia (SDM) yang profesional, dalam mendorong kemajuan dan pembinaan umat beragama, seperti keberadaan para penyuluh agama di lapangan sangat vital dalam menunjang program FAPSEDU.

“Dinsos P3AKB (Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana) ada program keluarga berencana dan keluarga sejahtera, maka hal ini, sangat sejalan dengan program yang ada di Kementerian Agama dengan keluaraga sakinah,” ungkap Masmin.

Jadi jelas, jika di Kementerian Agama, upaya atau tekad membangun kerukunan, maka di Dinsos,P3AKB melalui FAPSEDU akan mengawal hal itu, sehingga memang nampak program atau kegiatan tersinergitas, antara Dinsos,P3AKB dan Kementerian Agama, imbuhnya

Dengan melibatkan unsur agama, dan masyarakat atau pemuda yang ada di dalamnya, maka program FAPSEDU akan memberikan dorongan yang luar biasa, terhadap perkembangan dan kehidupan bangsa dan negara dalam keluarga yang sejahtera.(aj/Wul)