Siswa MI Tidak Hanya Pintar Ngaji

Semarang – Kompetisi Sains Madrasah (KSM) dan Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (AKSIOMA) Madrasah Ibtidaiyah (MI) Tingkat Kota Semarang diselenggarakan di MIN Sumurrejo Gunungpati Kota Semarang, Selasa (25/04). Kegiatan ini diikuti oleh ratusan siswa MI se-Kota Semarang, dibuka oleh Kepala Subbag Tata Usaha Labib, mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Semarang.

Kasubag TU memberikan apresiasi dan terima kasih kepada Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (KKMI) Kota Semarang yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Menurutnya, adanya KSM dan AKSIOMA membuktikan bahwa siswa madrasah tidak hanya dididik ilmu agama Islam tetapi juga harus pandai ilmu pengetahuan atau sains, semisal matematika dan IPA. Disamping itu siswa madrasah juga diasah agar mempunyai kemampuan di bidang seni dan olahraga. “Sampaikan kepada masyarakat bahwa siswa MI tidak hanya bisa ngaji, siswa madrasah juga mampu bersaing dengan sekolah umum dan terbukti saat ini MI dibanjiri siswa,” ungkap Labib.

Ia berharap semoga kegiatan ini bisa berjalan lancar dan bisa bermanfaat bagi siswa MI se-Kota Semarang dalam peningkatan mutu pendidikan madrasah. “Semoga KSM dan Aksioma MI ini dapat menghasilkan para juara yang nantinya dapat membawa nama Kota Semarang pada jenjang provinsi,” harapnya.

Pembukaan ajang kompetisi ditandai dengan penyematan tanda peserta dan pelepasan balon oleh Kasubbag Tata Usaha. Pada acara pembukaan yang dilaksanakan outdoor ini dimeriahkan pula dengan persembahan tari kreasi baru Tak Tok yang dibawakan oleh siswa MIN Sumurrejo.

Sementara itu Ketua Panitia, Mahmudi menyampaikan kegiatan ini bertujuan memotivasi siswa untuk berkompetisi dan berprestasi di bidang sains, seni, dan olahraga serta untuk menyiapkan peserta mengikuti KSM dan AKSIOMA tingkat provinsi Jateng. Adapun jumlah siswa MI yang mengikuti lomba IPA sebanyak 63 siswa, lomba matematika 63 siswa, MTQ putra 28 siswa, MTQ Putri 22 siswa, Pidato putra 30 siswa, dan pidato putri 34 siswa.

Ketua KKMI Kota Semarang, Subiyono berharap kegiatan ini bisa memberikan motivasi kepada siswa. “Bukan hanya peserta yang saat ini berlomba, tapi juga adik kelasnya. Selain itu, kami ingin memperlihatkan bahwa siswa MI bisa berprestasi seperti siswa di Sekolah Dasar (SD). Tarian yang ditampilkan pada acara pembukaan kegiatan ini, pernah meraih juara III tingkat Jawa Tengah yang diselenggarakan oleh Yayasan Sunan Gunungjati Ba’alawy Kota Semarang,” tegas Subiyono yang juga menjabat sebagai Kepala MIN Sumurrejo.

Kegiatan ini dipantau secara langsung oleh Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Kota Semarang Azhar Wibowo. Ia menjelaskan, para pemenang juara 1 lomba ini akan mewakili Kota Semarang pada KSM–AKSIOMA tingkat Provinsi Jateng yang akan diselenggarakan pada tanggal 23 sd 24 Mei di Magelang.

Kegiatan yang hanya berlangsung sehari ini, memperoleh hasil kejuaraan KSM sebagai berikut, Lomba Matematika, Aisya Adnina (MI Darul Ulum) dan IPA, Anisa Nur (MIN Sumurrejo).

Sementara Aksioma, juara MTQ putra, M. Khusain Mubarok (MI Miftahul Hidayah) dan MTQ putri, Tazkiya Amalia (MI Rodlotul Huda). Adapun pemenang lomba pidato yakni Akbar Azam (MI Al Khoiriyah 1) dan Harisma Hidayat (MI Futuhiyah Palebon. (sby-ch/gt)