Siti Maryam Wafat Saat Laksanakan Umrah Sunnah

Boyolali – Berita duka kembali diterima dari Tanah Suci, menurut informasi petugas kelompok terbang (kloter) 1 asal Kabupaten Tegal, dari Tenaga Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) dr. Anita Setiyanti Sugiharto bahwa salah satu calon haji yang tergabung dalam kloter 1 dinyatakan meninggal dunia pada Minggu, (21/08) pada pukul 00:30 WAS pada saat melaksanakan ibadah Sa’i.

Disampaikan oleh Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo Noor Badi bahwa berita duka yang diterima dari media sosial Whatsapp grup petugas kloter Embarkasi Solo menyebutkan bahwa Siti Maryam Ismail meninggal dunia saat melaksanakan umrah sunnah bersama suaminya.

“Siti Maryam Ismail usia 60 tahun calon haji yang tergabung dalam kloter 1 beralamat Desa Balapulang Wetan Rt. 02 Rw. 05 Kabupaten Tegal wafat di dekat suaminya, saat keduanya sedang menjalani ibadah Sai,” ujar Noor Badi saat dikonfirmasi kebenaran informasi tersebut.

Ditambahkan, bahwa Siti Maryam diberangkatkan dari Embarkasi Solo pada Selasa (09/08) lalu. Almarhumah telah menjalani ibadah Arbain di Madinah, kemudian sesuai dengan jadwal SOC 01 bertolak ke Makkah pada 18 Agustus 2016. Selama di Makkah tinggal di Hotel Manazil Al Hayat, Jarwal dengan nomor pemondokan 806.

“Malam itu bersama sang suami, almarhumah sedang melaksanaan umrah sunnah, pada saat melaksanakan Sa’i putaran ke-6 (dari Marwah ke Shafa), almarhumah tiba-tiba merosot dari pegangan suaminya dan terkulai di lantai sai,” lanjut Noor Badi menbenarkan informasi yang diterima dari Kepala Sektor Khusus Masjidil Haram Ali Nurakhim.

Dengan wafatnya Siti Maryam Ismail, maka jumlah calon jemaah haji (CJH) dari Embarkasi Solo yang wafat tercatat sudah 2 yang wafat, sebelumnya Dijem Djoyo Kromo (52 th) asal Kabupaten Wonogiri tergabung dalam kloter 18 dinyatakan wafat di pesawat saat proses pendaratan pada Selasa (16/08).

Informasi Keberangkatan

Hingga saat ini CJH yang sudah masuk Embarkasi sebanyak 34 kloter = 12,213 jemaah, yang sudah diberangkatkan menuju tanah suci sebanyak 32 kloter = 11,459 jemaah, yang telah tiba di tTanah Suci sebanyak 31 kloter = 11,098 jemaah. Adapun CJH yang sakit dan tengah dirrawat di RS. Moewardi ada 4 jemaah masing-masing dari kloter, 29, 31 dan 32.

Dalam waktu dekat rencana keberangkatan ada 2 kloter yakni kloter 33 pada pukul 20:40 WIB dan kloter 34 pada pukul 21:55 WIB. (gt/gt)