Sosialisasi PIK-R oleh Duta GenRe Kabupaten Purbalingga

Purbalingga – Sejumlah 75 siswa-siswi SMP/MTs se-Kecamatan Kejobong mengikuti Sosialisasi Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) di Aula Kecamatan Kejobong, Jumat (14/12/2018). Kegiatan tersebut merupakan program dari Duta Generasi Remaja (GenRe) Kabupaten Purbalingga yang didampingi Penyuluh Keluarga Berencana (KB).

Ketua Panitia,  Neli Agustina – Siswa kelas XI MIPA-2 menjelaskan, kepengurusan GenRe tersebut dikelola siswa SMA Negeri 1 Kejobong sebagai sebuah organisasi remaja.

“Kegiatan ini baru permulaan, rencananya 1 bulan ke depan kami akan terjun langsung ke SMP/ MTs. PIK-R adalah pusat informasi dan konseling remaja. Jadi PIK-R adalah sebuah wadah organisasi yang dikelola dari, oleh dan untuk remaja,” jelas Neli.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mensosialisasikan kepada siswa SMP/MTs se- Kecamatan Kejobong mengenai Pusat Informasi dan Komunikasi Remaja, yang nantinya akan diterapkan di sekolah melalui Ekstrakurikuler PMR. Kenapa memilih PMR, karena masih dalam satu rumpun kegiatan dengan PIK-R yang di dalamnya juga terdapat materi kesehatan,” tambahnya.

Tim Penyuluh Keluarga Berencana Kecamatan Kejobong, Imam Yulianto dalam sambutannya menyampaikan dukungan munculnya PIK-R di Kecamatan Kejobong. Ia berharap PIK-R akan menjembatani curahan pribadi sesama remaja.

Sangat Akrab

Salah satu peserta sosialisasi, Sri Susi Ayuni (siswa MTs Ma'arif NU 10 Krenceng) mengungkapkan kesannya usai mengikuti kegiatan tersebut.

“Saya merasakan eratnya tali persahabatan karena di sana mereka sangat akrab. Saya ingin mengikuti kegiatan seperti ini lagi untuk menambah wawasan dan teman. Saya ingin bergabung dengan GenRe. Salam GenRe, Saatnya Yang Muda Yang Berencana,” ungkapnya bersemangat. (dwi yuliana-sar/gt)