Subbag Umum Melaksanakan Bimtek Keprotokolan

Semarang– Dalam rangka meningkatkan wawasan pengetahuan, keahlian, dan keterampilan dalam bidang keprotokolan. Maka dalam hal ini Kanwil Kementerian Agama, melalui Subbag Umum dipandang perlu menyelenggarakan Bimtek Protokol Jamuan Kunjungan Pejabat Negara/Tamu dan Master Ceremony (MC) di Hotel Semesta, Rabu-Jumat (26-28/04).

Kegiatan ini dibuka oleh KaKanwil yang diwakili oleh Kepala Subbag Umum Sofia Nur dan diikuti oleh 50 peserta yang terdiri dari, Balai Diklat keagamaan, Balitbang Rohag Semarang, Peserta dari TU Kankemenag Kab/Ko, Peserta dari MAN Kab/Ko serta dari Kanwil Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah.

Dalam membuka acara Sofia Nur mengatakan, selama ini ada persepsi yang keliru memandang protokol hanya sebagai pembawa acara. Padahal protokol merupakan serangkaian aturan atau tatacara dalam menyelenggarakan suatu acara agar dapat berjalan dengan tertib, hikmat, rapi, dan teratur dengan memperhatikan ketentuan keprotokolan yang berlaku.

Menurut Sofia, pengaturan keprotokolan tidak hanya menyangkut pengaturan mengenai tata tempat, tata upacara, tata penghormatan, tata kunjungan pejabat, tetapi juga menyangkut etika yang harus dilaksanakan oleh seorang protokol. “Dengan begitu kompleksnya tugas protokol, maka sudah seharusnya seorang protokol menguasai berbagai aturan keprotokolan yang ada, yang didukung dengan etika dan performance yang prima,” kata Sofia.

Lebih lanjut Sofia mengatakan, dengan dilaksanakan Bimtek Keprotokolan ini diharapkan peserta yang ikut bisa memahami aturan keprotokolan  serta mampu melakukan tugas-tugas di Bidang keprotokolan secara profesional. Dan bisa menjadi penghubung apabila ada acara atau kegiatan yang diselenggarakan di unit kerja masing-masing.

“Selama mengikuti Bimtek tersebut kegiatan diampu dengan Narasumber Farhani dengan materi Kebijakan Keprotokolan, Suhersi dengan materi Etika Kepribadian Protokoler, Sofia Nur dengan materi Manajemen Keprotokolan, Wacju Alamsyah dengan materi Pentingnya Koordinasi dengan Keprotokolan dan Pelayanan Kunjungan tamu Negara, Abdulloh Faqih dengan materi Tata Upacara Bendera, Abdullah Khafidz Tata Upacara Pelantikan dan Tata Tempat Kunjungan Tamu Pejabat Negara, Titik Widyani denga materi Pentingnya Public Speaking dan Teknik Mc protokoler,” ungkap Sofia.(rf)