Sutarso berpesan: Bagi yang berkelebihan agar mendonasikan sebagian hartanya kepada yang membutuhkan

Semarang (Buddha) Dalam kehidupan bermasyarakat terdapat banyak sekali permasalahan sosial dikarenakan terbatasnya kesempatan mendapatkan penghasilan bagi kecukupan kebutuhannya, termasuk para lansia  karena alasan umur yang sebagian besar terdampak dalam masalah ini.

Berbicara dihadapan 500 lansia pada saat menghadiri Pembagian Angpau bagi para Lansia di Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Tay Kak Si, Minggu (27/1) Jl. Gang Lombok 62 Semarang, Sutarso selaku Pembimas Buddha menyampaikan  pesan agar bagi setiap orang yang berkelebihan dalam hal materi, memiliki kerelaan untuk mendonasikan apa yang dimilikinya kepada yang membutuhkan.

“Bagi yang berkelebihan mari mendonasikan sebagian harta yang kita miliki kepada yang membutuhkan” ucap sutarso, “karena Buddha selalu mengajarkan cinta kasih dan sayang bukan hanya sebatas retorika tetapi melalui praktek nyata dalam kehidupan sehari-hari”

Sutarso menjelaskan bahwa didalam praktiknya cinta kasih dapat di terapkan pada saat kondisi baik pemberi maupun penerima sama-sama dalam keadaan senang, artinya baik sipemberi maupun sipenerima sedang dalam keadaan bahagia.  Sedangkan belas kasih dipraktikan pada saat pemberinya dalam kondisi bahagia sedang yang diberikan adalah pihak yang sangat membutuhkan uluran tangan kita.

“cinta kasih itu kondisinya adalah senang dan senang, sedangkan belas kasih adalah senang dan yang membutuhkan” tukasnya.

Acara pemberian angpau bagi para lansia ini diapresiasi oleh sutarso selaku pembimas  Buddha, sebagai bentuk nyata dalam praktik mengamalkan ajaran Buddha, dan secara khusus sebagai bentuk kepedulian para donator dalam menyambut Tahun Baru Imlek.

Sutarso berharap agar kegiatan ini tidak sebatas hanya sebagai penanda dalam menyambut tahun baru Imlek ke 2570 saja, tetapi diharapkan dapat dilaksanakan pada setiap waktu sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama hidup.

“mudah-mudahan dengan pemberian dari para donatur yang sangat mulia ini akan meringankan beban bagi yang diberi, khususnya para lansia yang karena keterbatasannya sangat membutuhkan sentuhan dan uluran tangan kita, dan semoga apa yang kita tanam ini menjadi timbunan kebajikan yang akan mendukung kesuksesan  bagi kita” pungkasnya. (siswanta)