Tampil Memukau, Barung MIN Wirasaba Dilepas

Purbalingga – Diiring rampak irama musik, 10 orang siswi MIN Wirasaba menunjukkan kebolehannya menampilkan tari kreasi hasil bimbingan para pembinanya. Sebuah tari kreasi yang menggambarkan perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekannya melalui perjuangan yang mengorbankan banyak nyawa para pejuang. Diantaranya dengan merebut bendera Belanda dan merobek warna birunya sehingga menjadi bendera merah putih  kebanggaan Indonesia. Penampilan memukau tersebut menjadi bagian akhir dalam kegiatan Pelepasan Kontingen Siaga Kwarcab Purbalingga di Pendopo Dipokusumo Kabupaten Purbalingga, Jumat (06/04). Kegiatan yang dihadiri Ketua Kwarcab Purbalingga, Trisnanto Sri Hutomo beserta para Andalan Cabang, Kamabigus, Bina Damping, Juri dan 60 Siaga ini dilepas Sekda Purbalingga, Wahyu Kontardi mewakili Bupati Purbalingga selaku Majelis Pembimbing Cabang.

Ketua Kontingen, Budiono dalam sambutan laporannya menjelaskan, kegiatan Pesta Siaga tahun ini akan dilaksanakan di Cilacap.

“ Kegiatan Pesta Siaga Kwarda Jawa Tengah Korwil Eks-Karesidenan Banyumas akan dilaksanakan pada hari Jumat-Sabtu tanggal 6-7 April 2018 di Obyek Wisata Benteng Pendhem Cilacap,” ungkap Budiono.

Ditambahkan, tujuan kegiatan tersebut di antaranya adalah untuk tukar menukar pengalaman antar sesama warga gerakan Pramuka.  Terkait komposisi kontingen yang akan diberangkatkan tersebut ia menjelaskan,  peserta terdiri dari 3 Barung Putra dan 3  Barung Putri. Masing-masing Barung beranggotakan 10 orang Pramuka Siaga. Ke-60 Pramuka Siaga ini berasal dari 6  Gugus Depan yaitu Pangkalan MI Negeri Wirasaba (Barung Putra dan Barung Putri), Barung Putri  SD Negeri 1 Karangjengkol, Barung Putri SD Negeri 2 Pekiringan, serta Barung Putra SD Negeri 1 Purbalingga Lor dan Barung Putra SD Negeri 3 Tunjungmuli.

“Kontingen terdiri dari 1 Pinkon, 6 Bina Damping Putra/Putri,  Juri, dan peserta Siaga sejumlah 60 anak dari 3 barung Putra dan 3 barung Putri,” tambahnya.

Apresiasi kepada para peserta atas prestasi dan usaha keras mereka. Mengharap mereka dapat mencapai prestasi yang setinggi-tingginya. Namun jangan menjadi beban dan yang terpenting berusaha secara maksimal dalam setiap event-nya.

“Kalian sebagai wakil Kwarcab wajib menjaga nama baik, berusaha secara maksimal dan tidak lupa untuk berdoa,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan tentang Gerakan Nasional Revolusi Mental sebagaimana dicanangkan Presiden RI,  Joko Widodo dalam Inpres Nomor 12 Tahun 2016. Sebagaimana halnya juga dengan yang dimaksudkan dalam 4 Program Gerakan Nasional yaitu Program Gerakan Indonesia Melayani, Program Gerakan Indonesia bersih, Program Gerakan Indonesia  tertib, dan Program Gerakan Indonesia Bersatu, kegiatan Pesta Siaga tersebut sesuai dengan program nasional yang ke-4.

Saat dikonfirmasi, Plt. Kepala MI Negeri Wirasaba, Sugeng Riyadi berharap anak didik beserta para Pembina pendampingnya akan kembali membawa kesuksesan untuk mengharumkan nama madrasah sekaligus mengangkat Kwarcab Purbalingga di ajang Pesta Siaga di tingkat Kwarda Jawa Tengah yang akan datang. (sar/gt)