Haru Biru Perpisahan Kelas XII MANDUBES 2020/2021 di Masa Pandemi Covid -19

Brebes – Bersiap menuju tatanan normal baru, Madrasah Aliyah Negeri 2 Brebes di wilayah Bumiayu, Brebes selatan tetap menyelenggarakan acara pelepasan siswa-siswanya. Ini menjadi kali pertama MAN 2 Brebes mengadakan acara perpisahan di tengah pandemi. Berawal dari izin dari pihak kedinasan akhirnya perayaan ini dapat terselenggara dengan syarat mematuhi standar prokes sesuai anjuran pemerintah dan tidak berdesak-desakan.

Acara perpisahan kali ini berbeda dengan acara perpisahan sebelum pandemi covid 19. Segenap keluarga MAN 2 Brebes yang ada di madrasah tidak diperkenankan untuk menghadiri acara tersebut, hanya perwakilan Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah, Kepala TU, Tim BK, dan wali kelas XII serta siswa kelas XII.

Selain itu, untuk menghindari kerumunan dan desak-desakan, acara seremonial perpisahan diselenggarakan secara bergelombang. Gelombang pertama untuk tiga kelas, dilanjutkan gelombang ke dua pun sama 3 kelas dan gelombang terakhir empat kelas. Masing-masing gelombang maksimal menampung 100 siswa.

Bertempat di aula MAN 2 Brebes, acara seremonial ini berlangsung khikmat. Sabtu, 5 Juni 2021. Acara dimulai pukul 08.00 WIB dan dibuka oleh kepala MAN 2 Brebes yang menyampaikan ucapan selamat serta beberapa wejangan mengenai makna seremonial perpisahan dan himbauan untuk selalu menjaga kesehatan di masa pandemi sampai pengalungan samir kepada siswa-siswi MAN 2 Brebes.

“Selamat kepada seluruh siswa-siswi MAN 2 Brebes kelas XII yang telah berhasil lulus dari madrasah tercinta ini walaupun di masa pandemi covid -19 seperti sekarang. Acara perpisahan  bukan akhir dari perjalanan kalian meraih apa yang kalian inginkan, tetapi jadikan ini sebagai tonggak awal kalian meraih kesuksesan di masa yang akan datang. Selain itu jaga kesehatan kalian sesuai dengan apa yang sudah dihimbau oleh pemerintah,” pesan Drs. H. Lutfil Hakim, M.Pd.

Pada kesempatan yang sama Kepala Madrasah memberikan piagam penghargaan kepada 7 siswa yang berprestasi dari 380 siswa yang dinyatakan lulus pada tahun pelajaran 2020/2021. Selanjutnya acara diakhiri dengan pengalungan Samir kepada siswa-siswi MAN 2 Brebes yang telah lulus oleh masing-masing wali kelas dengan diiringi hiburan live music.(Esw/Sua)