Tanamkan Resolusi Jihad Melawan Kebodohan

Slawi – Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional, siswa-siswi MIN Pecabean Kabupaten Tegal melaksanakan upacara bendera, Senin (23/10).
Upacara kali ini berbeda dengan hari Senin sebelumnya yakni bersamaan dengan memperingati Hari Santri Nasional yang diperingati setiap tanggal 22 Oktober. Semua peserta upacara memakai sarung (untuk peserta laki-laki) dan busana muslimah (untuk peserta perempuan) sebagaimana ciri khas para santri.

Menurut Kepala MIN Pecabean Kabupaten Tegal Shofar Sholahudin Bisri di sela-sela upacara menyampaikan pembinaan kepada para peserta didik bahwa perjuangan melawan para penjajah dulu tidak lepas dari semangat para santri yg dipimpin oleh para ulama dan kyai.

“Kepada kalian siswa-siswi MIN Pecabean diharapkan mampu meneladani jiwa dan semangat para santri yang gigih memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan, yaitu senantiasa mengembangkan dan meningkatkan keimanan kepada Allah swt, mempertahankan dan berpegang teguh pendirian kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan tetaplah belajar yang rajin sebagaimana para santri dulu dengan ikhlas menimba ilmu dari para kyai, sehingga menjadi generasi yang kuat dan berkualitas,” ungkapnya selaku pembina upacara.

Untuk memperingati Hari Santri Nasional MIN Pecabean Kabupaten Tegal mengadakan berbagai kegiatan keagamaan seperti pawai ta’aruf, khotmil qur’an, tahlil, ngaji kitab kuning dan ceramah keagamaan. Semoga dengan Hari Santri Nasional, Siswa-siswi MIN Pecabean bisa berjiwa santri. (mst/za/rf)