Terapkan Disiplin Agar Hidup Berkah

Purbalingga – Puluhan Aparatur Sipil Negara (ASN) mengikuti kegiatan Pengajian Rutin yang diselenggarakan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga. Kegiatan yang diprogramkan rutin setiap pekan pada setiap hari Selasa selalu diisi dengan ceramah materi keagamaan.

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, Ratmono pada Selasa (01/08) di Aula Lantai II dalam kesempatan tugas menyampaikan tausiyah, dia mengungkapkan bahwa harus tetap disiplin tanpa ada yang mengawasi. “Ketika tidak terlihat orang lain kita tetap disiplin,” kata Ratmono.

Dia juga mengajak agar menanamkan disiplin dalam hidup. “Mari kita tanamkan disiplin dalam hidup kita, mulai dari yang sederhana seperti cara berpakaian sebagaiman pepatah Jawa mengatakan ajining dhiri saka lathi, ajining raga saka busana.”

Lebih lanjut dia juga mengajak untuk melakukan insropeksi dan agar ASN bisa memberikan manfaat. “Hidup hanya bergantian, maka lakukan instropeksi. Karena jarang orang melakukan feed back, mawas diri, mengoreksi dan menghitung-hitung berapa amal kebaikan yang telah dilakukan. Maka kita harus bisa mengerem atau mengendalikan ucapan dan tindakan kita yang tidak sesuai dengan ajaran agama. Jadilah ASN yang bisa memberikan manfaat kepada orang lain,” ajaknya.

Pada akhir  tausiyahnya, Ratmono menambahkan agar membangun kebersamaan dalam bekerja dan agar selalu mengingat bahwa kematian datangnya sewaktu-waktu.

“Mari membangun kebersamaan dalam bekerja dan ingatlah mati di manapun kamu berada, Dzikrul maut khaitsu maa kunta.” pungkas tausiyahnya. (sar-sf/gt)