Tinggi, Partisipasi Madrasah Sukseskan UNBK

Magelang – Partisipasi madrasah dalam menyukseskan Ujian Nasional Komputer (UNBK) sangat tinggi. Terbukti dengan kesiapan madrasah-madrasah di Kabupaten Magelang yang sukses menyelenggarakan Simulasi UNBK bagi para siswanya. Simulasi berjalan lancar sesuai harapan, salah satunya  di MTsN Ngablak.

Arika Rini, kontributor dari MTsN Ngablak melalui media sosial menyampaikan bahwa MTsN Ngablak  sukses melaksanakan Simulasi UNBK pada Senin, (27/2).

“Kepala Madrasah memberikan pembekalan kepada para siswa agar siap mengikuti kegiatan, dan memahami teknis pengerjaan soal dalam UNBK. Untuk kelancaran dan kesuksesan simulasi, mereka berdoa bersama yang dipimpin oleh Waka Kurikulum. Tidak lupa mereka juga meminta doa restu para Guru dengan bersalaman,” terang Arika.

Arika melanjutkan bahwa siswa kelas IX berjumlah 218 siswa. Simulasi dilaksanakan dalam tiga sesi dengan jadwal mata uji Matematika untuk hari pertama dan Bahasa Inggris untuk hari kedua.

“Sesi pertama dilaksanakan jam 07.30 – 09.30 WIB, sesi kedua 10.30 – 12.30 WIB, dan sesi ketiga jam 14.00 – 16.00 WIB. Untuk setiap sesi didampingi 2 Proktor dan 2 Pengawas untuk dua ruang. Alhamdulillah, dengan panduan dari Proktor dan Pengawas para dapat siswa melakukan proses login dengan lancar, ” imbuhnya.

Menurut Arika, lancarnya proses simulasi tersebut disebabkan karena pihak madrasah sudah memberikan sosialisasi penggunaan komputer dan hal-hal terkait pengerjaan soal UNBK secara teknis, sehingga dalam pelaksanaan bisa berjalan lancar.

“Simulasi selanjutnya akan dilaksanakan pada tanggal 20 dan 21 Maret 2017. Jadwal yang akan diujikan adalah Bahasa Indonesia dan IPA. Semoga gladi bersih yang terakhir akan membuat siswa lebih siap dalam menghadapi UNBK yang sesungguhnya yang akan dilaksanakan pada bulan  Mei,” harap Arika.

Keberhasilan Simulasi UNBK ini merupakan bukti kesungguhan madrasah ingin mewujudkan pendidikan yang terbaik untuk para siswanya, sesuai harapan pemerintah bahwa UN tahun ini dilaksanakan menggunakan metode UNBK, madrasah di Kabupaten Magelang sudah siap melaksanakannya. ” kami yakin anak-anak didik kami akan berhasil dalam UNBK tahun ini.” Pungkasnya. (ar – m45k/Af).