Tingkatkan Imunitas, Siswa MTsN 4 Banjarnegara Ikuti Vaksinasi Massal

Banjarnegara – Senin (22/11), seluruh siswa MTs Negeri 4 Banjarnegara dari kelas 7, 8, dan 9, mengikuti vaksinasi massal  dosis dua  bertempat di Puskesmas Rakit 2 dengan dikoordinir dan didampingi masing-masing wali kelasnya. Vaksinasi kali ini merupakan kelanjutan dari vaksinasi sebelumnya yaitu vaksinasi dosis satu yang telah diterima pada tanggal (30/10) yang lalu. Adapun jenis vaksin yang diberikan adalah pfizer.

Para siswa dengan tak lupa membawa data vaksinasi sebelumnya, diantar langsung oleh wali kelas masing-masing menuju ke puskesmas pada pukul 08.00 WIB, dengan berjalan kaki bersama karena kebetulan letak puskesmasnya bersebelahan dengan madrasah. Sesampai di puskesmas, para siswa duduk di kursi yang telah disediakan sambil menunggu giliran untuk divaksin.

Vaksinasi massal pada hari itu tidak hanya diikuti oleh siswa MTs Negeri 4 Banjarnegara saja, tapi juga para siswa dari sekolah lain yang mendapat undangan dari puskesmas, serta dari masyarakat umum .

Sebelum pelaksanaan vaksin dimulai, para siswa terlebih dahulu diberi pengarahan oleh pihak puskesmas terkait kesiapan fisik dan kondisi kesehatan siswa. Diinformasikan dan dijelaskan  juga kepada para siswa bahwa hari itu akan menerima vaksin dosis dua.

“Apakah kalian siap secara fisik untuk divaksin hari ini, adakah yang sakit setelah vaksin pertama ? “ demikian salah satu pertanyaan yang dilontarkan oleh Agus, salah satu dokter dari Puskesmas Rakit 2 yang bertugas memberi pengarahan.

Pelaksanaan vaksinasi selesai pukul 11.30 WIB. Setelah vaksinasi, para siswa diinstruksikan oleh wali kelas untuk langsung pulang ke rumah masing-masing agar beristirahat serta mengantisipasi dampak ikutan pascavaksinasi.  

“Alhamdulillah vaksinasi berjalan lancar tanpa kendala yang berarti, semoga siswa-siswi kami sehat semuanya pascavaksinasi ini, dan semakin meningkat imunitasnya,” kata Ratna Damayanti, salah satu wali kelas sembilan MTsN 4 Banjarnegara saat dimintai keterangannya. (khom/ak/rf)