Tingkatkan Kualitas Madrasah, Kemenag Cilacap Gelar Evaluasi

Cilacap – Untuk dapat meningkatkan kualitas layanan pendidikan madrasah, diperlukan evaluasi kegiatan secara keseluruhan. Evaluasi memiliki peran yang sangat strategis untuk mengetahui berbagai hambatan yang dihadapi. Hal-hal yang memerlukan perbaikan dan pengembangan akan tergambar pada hasil evaluasi.

Gambaran tersebut, kemudian akan menjadikan acuan dasar untuk meningkatkan kualitas maupun kuantitasnya. Hasil evaluasi merupakan bahan yang sangat penting sebagai dasar perencanaan. Sebagaimana diketahui bersama bahwa, tidak akan ada kegiatan yang baik tanpa perencanaan yang baik pula. Sedangkan kualitas perencanaan salah satunya ditentukan oleh evaluasi.

Pernyataan tersebut dikemukakan Pelaksana tugas Kakankemenag Kab. Cilacap, Imam Tobroni, Senin (17/12) saat memberikan sambutan pada acara Evaluasi Ujian Akhir Madrasah Ibtidaiyah di Hotel Fave Cilacap.

Dikatakan lebih lanjut bahwa, madrasah merupakan layanan yang berkaitan dengan kualitas hidup manusia. Madrasah menjadi salah satu penentu kualitas bangsa Indonesia. Karenanya, pengelola madrasah diimbau agar terus meningkatkan kualitas penyenggaraan pendidikan madrasah.

“Kita perlu bersyukur bahwa, madrasah kian hari makin diminati masyarakat. Hal ini dibuktikan oleh terus bertambahnya jumlah siswa maupun lembaga. Kemajuan yang diraih ini, tidak bisa lepas dari usaha para pengelola pendidikan madrasah untuk terus mengevaluasi diri,”Katanya.

Dia berharap, kegiatan evaluasi tersebut akan menghasilkan yang terbaik. Untuk itu, dia meminta seluruh peserta yang hadir agar mengedepankan kecermatan. Evaluasi tidak bisa dilakukan asal, melainkan harus fokus dan sungguh-sungguh. Sehingga tujuan evaluasi untuk peningkatkan mutu dapat tercapai, pungkasnya. (On)