Tingkatkan Kualitas Siswa melalui Character Building

Semarang – Selama berlangsungnya rangkaian ujian kelas IX (UM, UAMBN dan UASBN) MTsN 2 Kota Semarang mengadakan program Pendidikan dan Pengembangan Karakter (Character Building) bagi kelas VII dan VIII. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih kedisiplinan, pembinaan mental serta menanamkan dan membentuk karakter siswa sebagai salah satu upaya dalam proses peningkatan kualitas sumber daya siswa.

Kegiatan yang berlangsung selama 10 hari ini bertempat di Kampus II, Gedung Baru MTsN 2 Kota Semarang, jalan Soekarno Hatta, Tlogosari, berakhir pada Kamis (20/04).

Beberapa materi yang diberikan kepada peserta meliputi pelatihan baris berbaris, bela negara, training motivasi, pengembangan karakter dan spiritual religius. Para peserta juga diajarkan pentingnya menjaga kebersihan diri, berpakaian rapi, kebersihan dan keindahan lingkungan madrasah.

Kepala MTsN 2 Kota Semarang, Junaidi menyatakan kunci keberhasilan madrasah adalah membawa madrasah menjadi lebih baik dan sukses. Untuk meraih hal tersebut mestinya harus diadakan pelatihan-pelatihan yang dapat mendidik siswa-siswi madrasah, salah satu diantaranya adalah pelatihan dan pengembangan pendidikan karakter. Kepemimpinan yang ditananamkan kepada siswa ini mutlak membutuhkan komitmen dan integritas, sehingga proses pembelajaran bisa berjalan dengan baik dan output pendidikan bisa unggul.

“Tidak ada siswa yang tidak dapat dididik. Yang ada adalah guru yang belum berhasil mendidik. Jalan keluarnya adalah, memasukkan pendidikan karakter pada setiap kurikulum yang diprogramkan di madrasah ini, baik secara formal maupun nonformal. Dengan demikian setiap apa yang diajarkan berlandaskan pada asas pembangunan karakter dan akan menghasilkan individu berkarakter selanjutnya akan tercipta  madrasah yang lebih baik,” ujar Kamad.

Salah satu guru pendamping Muhammad Mursyid menjelaskan bahwa dalam rangka mewujudkan tujuan nasional pendidikan maka pengembangan karakter siswa merupakan salah satu bagian dari tujuan tersebut. “Kegiatan ini sebagai upaya menciptakan anak didik berkualitas secara ilmu pengetahuan, agamis, berkarakter dan berakhlakul karimah,” jelasnya.

Bekerjasama dengan pihak TNI untuk memberikan materi, yaitu Peltu Hari Widarto, Kopka Juraemi serta narasumber internal dari guru MTsN 2 Kota Semarang. Kegiatan ini wajib diikuti oleh siswa kelas VII dan VIII yang masuk bergantian sesuai dengan jadwal yang telah disusun. (Mrsyd-ch/gt)