Tingkatkan Mutu Madrasah Melalui Program Sahabat Madrasah

Grobogan – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Grobogan menyelenggarakan kegiatan Pembentukan Pokja Sahabat Madrasah Beraksi Tahun 2021 Kelompok Kerja Madrasah Aliyah Grobogan 2, Senin (23/08). Acara yang diselenggarakan di Aula Madrasah Aliyah Negeri 1 Grobogan.

Dalam laporannya Ketua KKMA 02 yang juga sebagai Kepala MAN 1 Grobogan mengatakan bahwa kegiatan Pembentukan Pokja Sahabat Madrasah Beraksi Tahun 2021 diikuti oleh seluruh kepala madrasah yang tergabung dalam Kelompok Kerja Madrasah Aliyah (KKMA) 02 dengan menerapkan protokol Kesehatan covid-19 dan dihadiri oleh oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Grobogan Imron, Kasi Pendidikan Madrasah, Hadi Purwanto, serta Pokja Pengawas Madrasah Masrukhan.

“Orang biasa yang terkoneksi jauh lebih baik daipada orang jenius yang terisolasi. Persahabatan yang sudah terjalin selama tujuh tahun sudah tidak lagi seperti teman, namun sudah seperti keluarga, oleh karena itu mari kita berkembang dan maju bersama seperti sebuah keluarga”, kata Suprapto.

Lebih lanjut, Suprapto menyambut baik program “Sahabat Madrasah”, hal ini terkait dengan adanya pemerataan dan peningkatan mutu satuan pendidikan madrasah serta memiliki budaya kompetitif baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Grobogan, Imron mengungkapkan bahwa program “Sahabat Madrasah” intinya madrasah itu menjadi satu kesatuan yang tidak bisa saling memisahkan dan harus bersinergi saling bantu membantu di dalam kerangka meningkatkan mutu madrasah.

“Saya berharap program ini bisa terlaksana dengan baik, bisa membangun sinergitas antara madrasah satu dengan madrasah yang lain bisa tercapai, bisa melengkapi satu dengan yang lain dan bisa memberikan tata Kelola madrasah di Grobogan di beberapa tahun yang akan dating serta membawa madrasah kedepan untuk lebih baik,” harap Imron.

Imron menambahkan, Dalam program Sahabat Madrasah ini, MAN 1 Grobogan merupakan sekolah pemitra yang memiliki beberapa sekolah mitra. Beberapa sekolah mitra tersebut di antaranya adalah, MA Darut Taqwa, MA Ziwfa, MA Shofa Marwa, dan MA Al Hidayah Genengadal.

“Program Sahabat Madrasah memiliki tujuan yang jelas antara lain adalah terwujudnya madrasah yang memiliki nilai-nilai karakter akhlak mulia dan keunggulan di bidang keagamaan, tata Kelola dan manajemen madrasah yang akuntabel, memiliki budaya kompetitif, memiliki kepribadian solidaritas yang tinggi dan memiliki ntergritas,” jelasnya.

Dengan terbentuknya Pokja Sahabat Madrasah Beraksi Tahun 2021 diharapkan madrasah mampu memenuhi tujuan program Sahabat Madrasah tersebut.(fm-bd/Sua)