Tingkatkan Nasionalisme Melalui Kemah Santri

Kudus –  Dalam rangka membangun  kebersamaan  antar lembaga   serta membentuk karakter santri  yang beraklakul karimah, berdikari dan mandiri, Badan Pelaksana Penyelenggaraan Pendidikan Ma’arif NU (BPPPMNU) Raudllatus Shibyan mengadakan kegiatan Perkemahan Pramuka  Santri dalam bentuk giat sosial, giat keagamaan dan giat ketrampilan.

Kegiatan Perkemahan Pramuka Santri ini dilaksanakan selama 2 hari tanggal 13-14 Oktober 2018 bertempat di Lapangan Peganjaran Bae diikuti sebanyak 515 siswa dari unsur MI, MTs dan MA Raudlatus Shibyan

Kegiatan perkemahan diawali  dengan upacara pembukaan dengan inspektur upacara Bupati Kudus M. Tamzil. Dalam laporan panitia Riyadi mengatakan bahwa BPPPMNU Raudlatus Shibyan sebagai wadah pendidikan kader NU yang terletak di Peganjaran Bae Kudus ikut merayakan dan memperingati  Hari Santri Nasiona (HSN) . Salah satu wujud kegiatan yang menarik dan berimplikasi  tinggi bagi santri/siswa siswi adalah kegiatan di luar kelas , maka hal ini erat dengan kepramukaan yang didaulat sebagai gerakan kepanduan nasional. Oleh karena itu BPPPMNU Raudlatus Sibyan  menyeenggarakan “ Kemah Santri” untuk turut serta mengayubagyo dalam menyambut datangnya HSN Tahun 2018.

Selanjutnya Bupati Kudus M.Tamzil dalam amanat upacara menyampaikan apresiasi diselenggarakanya kemah santri nasional. Menurutnya dengan adanya perkemahan ini selain dapat meningkatkan kehalusan budi, kematangan emosional dan  olah pikir juga dapat meningkatkan  rasa ukhuwah , solidaritas sosial dan kerjasama sesama santri dalam menopang kehidupan berbangsa dan bernegara .

Tamzil juga berpesan” pentingnya penanaman nilai nilai  keragman dalam NKRI bagi seluruh  komponen bangsa. Selain itu Perkemahan Pramuka Santri ini juga dirancang agar mampu memberikan sumbangsih bagi kepentingan nasional  diantaranya adalah meningkatkan nasionalisme dan patriotisme seluruh komponen bangsa “ Pesanya dihadapan seluruh peserta kemah.

Setelah selesai sambutan .Bupati M. Tamzil mendapat kenang kenangan dari ketua yayasan BPPPMNU Raudlatus Shibyan  , Abdu Hadi  kemudian  dilanjutkan dengan pelepasan balon oleh Bupati Kudus  sebagai tanda dibukanya kegiatan kemah santri. (St.Zul/wwk/bd).