Tingkatkan Patriotisme Guru Madrasah melalui Pelatihan Wawasan Kebangsaan

Purworejo – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo bekerjasama dengan Balai Diklat Keagamaan Semarang menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Wawasan Kebangsaan di Wilayah Kerja Kantor Kementerian Kabupaten Purworejo. Bertempat di Aula MAN Purworejo, kegiatan ini berlangsung dari 26 April hingga 1 Mei 2021.

Kepala Kankemenag Kabupaten Purworejo, H. Fatchur Rochman,  dalam sambutannya sewaktu membuka acara beliau menyampaikan harapannya kepada peserta pelatihan. “Dengan adanya kegiatan ini, para guru kita akan memiliki pemahaman lebih baik tentang wawasan kebangsaan. Diharapkan selain bertambahnya wawasan, bertambah pula semangat patriotisme dan nasionalisme,” tuturnya.

Kepala MAN Purworejo, Khoirul Umam,  turut menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kankemenag dan Balai Diklat Keagamaan karena telah dipercaya menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan pelatihan ini. Khoirul menjelaskan bahwa aula yang digunakan sebagai tempat pelatihan telah diset untuk memenuhi protokol kesehatan. “Meja dan kursi kita beri jarak minimal satu meter. Sirkulasi udara dan penerangan baik. Hand sanitizer dan tempat cuci tangan banyak tersedia di sini,” paparnya.

Sementara itu, perwakilan Balai Diklat Keagamaan Semarang yang juga merangkap sebagai Widyaiswara,  Hj. Ngamilah, menyampaikan tujuan pelaksanaan pelatihan. “Hasil akhir dari pelatihan ini diharapkan peserta mampu menginternalisasi nilai-nilai kebangsaan yang bersumber dari Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika,” ungkapnya. Pelatihan ini diikuti oleh empat puluh orang guru MA dan MTs baik negeri maupun swasta di lingkungan kerja Kankemenag Kabupaten Purworejo. (sgy/bd)