Tingkatkan Profesionalisme, Guru Ipa MTs N 1 Banjarnegara Ikuti PKB

Banjarnegara – Sesuai Peraturan Menteri Agama Nomor 38 Tahun 2018 tentang Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) guru madrasah, salah satu guru IPA MTs Negeri 1 Banjarnegara, Tri Widayati mengikuti Pelaksanaan Program PKB MGMP IPA MTs Kabupaten Banjaranegara yang berlokasi di MTs Negeri 1 Banjarnegara. (21/10)

Tri Widayati menjelaskan bahwa kegiatan ini sangat dibutuhkan dan bermanfaat agar guru memperoleh pengetahuan, salah satunya adalah pengetahuan bagaimana mengajar yang menyenangkan.

“Saya sangat senang mendapat kesempatan mengikuti kegiatan ini, karena di sini, guru belajar untuk berkreasi dan berinovasi sehingga ketika mengajar tidak membosankan peserta didik,” ungkapnya di sesi coffee break.

Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap profesional guru dalam mengemban tugas sebagai pendidik ini dibimbing oleh seorang fasilitator daerah (Fasda) yang telah mendapat pelatihan dari fasilitator provinsi (Fasprov).

Farid Alfarizi selaku Fasda mata pelajaran IPA Kabupaten Banjarnegara menjelaskan bahwa kegiatan ini meliputi 4 siklus, setiap siklus terdiri dari kegiatan in yang merupakan penyampaian materi, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan on yang mewajibkan peserta untuk melaksanakan praktikum, selanjutnya siklus ditutup dengan kegiatan in yang berisi refleksi dari kegiatan on sebelumnya.

“Jadi kegiatan PKB ini penguatannya ada pada teknis penyampaian materi kepada peserta didik. Bapak ibu guru diberi pelatihan agar dapat menyampaikan materi kepada peserta didik dengan lebih baik. Untuk mata pelajaran IPA, akan diambil dua unit pembelajaran, yaitu pencernaan dan listrik statis,” ungkapnya.

Program kegiatan ini dilaksanakan secara bertahap dan berkelanjutan dengan sasaran guru IPA PNS ataupun bukan PNS yang bertugas di satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama. Komponen PKB guru terdiri atas pengembangan diri, publikasi ilmiah, dan karya inovatif. (nov/ak/rf)