Tumbuhkan Karakter Patriotisme dan Kedisiplinan pada Siswa Madrasah

Purbalingga – Jiwa Patriotisme, sikap mental kedisiplinan dan tanggung jawab sangatlah penting dan dan harus ditanam sejak usia anak-anak. Bermula dari hal itu, MI Negeri Wirasaba Kecamatan Bukateja, Kabupaten Purbalingga membentuk Pasukan Taruna-Taruni Cilik MIN Wirasaba yang bertujuan menanamkan kembali jiwa patriotisme dan kedisiplinan serta tanggung jawab.

Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri Wirasaba, Sudiono menyatakan bahwa Pasukan Taruna-Taruni Cilik MIN Wirasaba atau juga dikenal dengan Pasukan Cilik Ala TNI terbentuk sejak tanggal 2 Mei 2016, dengan jumlah personil 31 anak yang terdiri dari 20 putra dan 11 putri, kiprahnya sampai sekarang banyak menunjukan kemampuannya. Dari mendapatkan kehormatan tampil dalam acara Peringatan HUT ke-71 RI di Kecamatan Bukateja, Peringatan Hari Tentara Nasional Indonesia serta Peringatan Sumpah Pemuda Tingkat Kecamatan Bukateja.

“Sangatlah penting menanamkan jiwa patriotisme dan kedisiplinan sejak usia anak-anak, agar tercipta rasa cinta tanah air dan disiplin dalam kehidupan di masa yang akan datang,” ucap Sudiono saat dikonfirmasi oleh redaksi, Rabu (15/02).

Pembentukkan Pasukan Taruna-Taruni Cilik MIN Wirasaba tidak semata keinginan dari MIN Wirasaba, akan tetapi mendapat dukungan juga dari wali siswa yang tergabung dalam Komite Madrasah dan Koramil Bukateja yang merespon baik dan siap memberikan dukungan dalam bentuk pelatihan.

“Program ini mendapat dukungan dari Koramil Bukateja, dimana setiap dua kali seminggu ada penugasan Serka Eko Sardjono anggota Koramil Bukateja, yang rutin memberikan pelatihan dan pelaksanaannya sesudah jam pelajaran, sehingga tidak menggangu proses kegiatan belajar mengajar,” imbuhnya.

Aksi Pasukan Cilik Ala TNI pada saat Peringatan HAB Kemenag ke-71 di Alun-alun Purbalingga sempat menarik perhatian dari Bupati Purbalingga. Beliau berharap program tersebut dapat terus dipertahankan dan dilestarikan agar dapat memotifasi semangat juang anak-anak dalam mewujudkan cita-cita. (sa/gt)