Umur Jangan Mengendorkan Untuk Berkarya di Kemenag

Wonosobo – Lima pegawai di lingkungan Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Wonosobo resmi dilantik sebagai PNS di Aula Kankemenag Kab Wonosobo, Jumat (19/5). Kelimanya adalah pegawai di lingkungan Kememag yang telah mengabdi selama 10 sampai 20 tahun.

“Bahkan ada yang tinggal 5 tahun lagi pensiun. Artinya sudah mengabdi sangat lama,” kata Kabag TU Cahyo usai acara. Kelima PNS yang dilantik ialah, Khoerum, Agus Handoko, Muhammad Hasyim, Solehman, dan Supardi.

Cahyo memastikan, mekanisme pengangkatan PNS telah bersesuaian dengam regulasi yang ada. Mereka ditetapkan sebagai CPNS per 1 November 2014, prajabatan (prajab) pada Januari 2017 hingga mendapatkan SK PNS per 1 Maret 2017. “Hari ini baru diambil sumpah. Jadi, bukan berarti ada pengangkatan PNS di 2017, bukan seperti itu,” katanya.

Dijabarkan, di lingkungan Kemenag, proses pengangkatan PNS sama dengan instansi lain. Setelah seseorang selesai pemberkasan, CPNS akan diberi surat penugasan dan bekerja beberapa bulan atau paling lama setahun. Setelah itu, CPNS akan mengikuti prajabatan di Balai Diklat atau tempat tertentu, dengan materi antara lain Pokok-pokok Kepegawaian, Kepemerintahan, materi teknis instansi dan sebagainya.

Diklat Prajabatan dan lulusnya ke Lima peserta ini cukup diacungi jempol, pasalnya dalam prajabatan tak hanya materi namun juga fisik dan kesehatan dari peserta juga diuji. “Jadi kelima PNS yang diambil sumpah sudah menjadi CPNS sejak 1 November 2014, sudah lama,” katanya. (Humas/Af)