UPZ Kemenag Pati Salurkan Bantuan Air Bersih ke Desa yang Alami Kekeringan

Pati – Kemarau panjang yang melanda Kabupaten Pati membuat warga di beberapa desa kesulitan dalam mendapatkan air bersih.

Hal tersebut mendorong Kantor Kementerian Agama Kab. Pati melalui unit pengumpul zakat (UPZ) bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Pati menyalurkan bantuan air bersih ke desa-desa yang masih membutuhkan pasokan air, yaitu di Desa Ukir Sari Kecamatan Tambakromo yang terlihat sangat gersang, Rabu (31/10/2018).

Penyerahan bantuan air bersih tersebut dihadiri oleh Kasi PDPontren Ruhani mewakili Kepala Kankemenag, seksi pendistribusian dan humas Kankemenag Kab. Pati, serta Kepala seksi kedaulatan dan logistic BPBD Fhayun Fulanu.

Bantuan air bersih kali ini, kami kerahkan dua unit mobil tangki yang seluruhnya mencapai enam ribu liter,” kata Ruhani yang memimpin pendistribusian air bersih.

Menurut Ruhani, penyaluran air ini sebagai bentuk kepedulian UPZ Kementerian Agama Kab. Pati terhadap masyarakat yang memang sangat membutuhkan. Sebab, diketahui sudah beberapa bulan terakhir ini warga kesulitan mengakses air bersih. Sungai setempat menyusut dan sumur-sumur tadah hujan milik warga mengering. “Bantuan air bersih ini untuk memenuhi kebutuhan warga sehari-hari, seperti memasak dan minum, karena mengalami kekeringan,” ujar Ruhani.

Sejumlah warga pun terlihat begitu antusias menyambut bantuan air bersih yang digagas UPZ Kemenag Pati tersebut. Warga secara tertib mengantre mengambil jatah air bersih dengan berbagai wadah, seperti ember dan jerigen.

Sunarto warga Desa Ukir Sari menyampaikan sudah dua bulan ini ia dan warga desa lainnya kesulitan dalam memperoleh air bersih.

Adanya bantuan air bersih yang disalurkan ke desanya dinilai sangat membantu, terlebih selama kekeringan melanda warga hanya mengandalkan membeli air di depot-depot air.

“Cukup susah dengan kondisi seperti ini Pak. Beruntung masih ada pihak-pihak yang memberi bantuan air bersih seperti ini,” tutur Narto (begitu nama panggilannya sehari-hari)

Kepala Desa Ukir Sari menyampaikan rasa terima kasih atas bantuan air bersih yang disalurkan UPZ Kankemenag Kab. Pati. (Am/bd)