Visitasi Komisi IX DPR RI

Boyolali – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo menerima Kunjungan Kerja Spesifik dalam rangka Peninjauan Pelayanan Kesehatan Jemaah Haji Embarkasi Solo, Jumat (26/08). Sebanyak 9 anggota dewan tergabung dalam Komisi IX yang diketuai oleh Pius Lustrilanang dari Fraksi Gerindra tiba di Asrama Haji Donohudan untuk melakukan peninjauan pelayanan kesehatan bagi jemaah haji dari Embarkasi Solo.

memberangkatkan calon jemaah haji (CJH) yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 41 asal Kabupaten Kudus. Kloter 41 yang masuk dalam gelombang II akan diterbangkan dari Bandara Adi Soemarmo Boyolali menuju Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah.

Pada prosesi pemberangkatan kali ini bertepatan dengan jadwal kunjungan kerja Komisi IX DPR RI di Asrama Haji Donohudan Boyolali sebagai tempat yang ditunjuk Embarkasi Solo untuk transit CJH sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci.

Sebanyak 9 anggota dewan dalam Komisi IX DPR RI yang turut bergabung dalam prosesi pelepasan CJH  kloter 41 di Gedung Muzdalifah Jumat (26/08), sekaligus memberikan ucapan selamat jalan kepada jemaah teriring doa semoga dapat kembali ke Tanah Air dengan membawa predikat haji mabrur.

Sementara itu, Sekretaris PPIH Noor Badi menyampaikan bahwa sampai dengan pagi ini Embarkasi Solo telah menerima CJH sebanyak 43 kloter dan telah memberangkatkan CJH sebanyak 41 kloter.

“Sejak dimulainya masa operasional pemberangkatan haji (08/08) hingga saat ini Embarkasi Solo sudah menerima 15,452 jemaah tergabung dalam 43 kloter dari kabupaten/kota se-Jawa Tengah, dan telah memberangkatkan sebanyak 41 kloter dengan jumlah jemaah sebanyak 14,694,” ucap Noor Badi saat dimintai keterangan seusai melepas keberangkatan CJH kloter 41 asal Kabupaten Kudus di depan Gedung Muzdalifah, Jumat (26/08).

Ditambahkan, Jumat (26/08) Embarkasi Solo dijadwalkan memberangkatkan CJH sebanyak 3 kloter, dan akan menerima CJH sebanyak 2 kloter.

“Pada hari CJH berturut-turut diberangkatkan mulai dari kloter 41 asal Kabupaten Kudus pada pukul 07:45 WIB, kemudian lanjut kloter 42 asal Kota Semarang pada pukul 12:55 WIB dan terakhir kloter 43 asal Kota Semarang pada pukul 18:45 WIB. Sedangkan CJH yang masuk embarkasi ada 2 kloter yakni kloter 44 asal Kabupaten Demak pada pukul 19:00 WIB dan kloter 45 asal Kabupaten Kendal pada pukul 21:00 WIB,” lanjutnya.

Sedangkan CJH yang terpaksa dirujuk ke RS. Moewardi karena alasan kesehatan sampai dengan pagi ini tercatat masih 4 jemaah, masing-masing Sarbani Jani Jono (78) kloter 38 asal Kabupaten Rembang, Wiji Surat Dasirin (45) kloter 39 asal Kabupaten Blora, Kamtini Amat Kasan (50) dan Endang Supriati soedarman (29) kloter 43 asal Kota Semarang. (gt/gt)