Wakamad Buka Kegiatan Pemilihan Umum Ketua OSIS

Tegal (Slawi)– MTs Negeri 2 Tegal menggelar kegiatan Pemilihan Umum Ketua OSIS Masa Bakti 2018/2019, Kamis (25/10) bertempat di halaman depan ruang guru.

Dalam sambutannya, wakil kepala madrasah Samsudin, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan momen yang sangat baik, dalam arti belajar untuk melaksanakan suatu proses demokrasi, yang tentunya sudah ada dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn).

“Kalau diistilahkan, demokrasi itu untuk dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Jadi kalau di madrasah berarti dari siswa, oleh siswa, dan untuk siswa,” kata Samsudin mengawali sambutannya.

Beliau menjelaskan bahwa Demokrasi berasal dari bahasa Yunani yang terbentuk dari kata demos (rakyat) dan kratos (kekuatan atau kekuasaan).

“Jadi kalau digabungkan, bisa diartikan kekuasaan yang berada di tangan rakyat,” tambahnya.

Di Indonesia sendiri proses demokrasi ditandai dengan partisipasi masyarakat menunaikan hak suaranya setiap lima tahun sekali, baik skala regional maupun skala nasional.

“Kalian nanti belajar di lingkungan masyarakat, bahwa nanti ada pemilihan umum atau biasa disebut pemilu. Nah kalau disini namanya pilketos atau pemilihan ketua OSIS, mekanisme atau tatacaranya sama dengan pemilihan umum yang lazim dilaksanakan,” ungkapnya.

Ditambahkan olehnya, dalam hal ini (pemilihan ketua OSIS) merupakan simulasi bagaimana cara memilih pemimpin yang dianggap kredibel, yang mampu, dan memiliki kompetensi untuk memimpin OSIS berikutnya.

“Jadi dalam memilih, kalian harus jeli, harus mampu mengetahui latar belakang dan sepak terjang para calon. Apakah mereka calon yang baik atau bukan,” paparnya.

Pemilihan Calon ketua OSIS kali ini terdiri dari 6 calon, 3 putri, dan 3 putra. Masing-masing calon telah memaparkan visi-misinya beberapa hari sebelum dilaksanakannya pencoblosan.

“Jadi sudah seimbang ya, antara putra maupun pitri, jumlahnya sama. Tinggal kalian semua yang mempunya hak untuk memilih pemimpin yang kriterianya sudah saya paparkan tadi. Sekali lagi selamat kepada MTs Negeri 2 Tegal yang hari ini akan melaksanakan pencoblosan, semoga diperoleh pemimpin yang mampu membawa OSIS menjadi lebih baik lagi. Sekali lagi selamat,” tutupnya.

Hingga berita ini diturunkan, pelaksanaan kegiatan Pemilihan Umum Ketua OSIS masih berlangsung. (akb/rf)