Warior Matsawi Berencana Kunjungi Radar Tegal

Tegal (Slawi) – Sebagai upaya merealisasikan program jangka menengahnya, ekstrakurikuler jurnalistik MTs. Negeri Slawi berencana mengunjungi kantor redaksi Radar Tegal yang berada di Kota Tegal.

"Kami berencana mengunjungi kantor redaksi Radar Tegal pada awal bulan Maret atau tepatnya jatuh pada hari Jumat yang akan datang (02/03-red),"demikian dikatakan Jamroni selaku pembina tim jurnalistik ditemui Jumat pagi (23/02) sebelum kegiatan belajar mengajar berlangsung.

Jamroni menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan untuk menambah wawasan dan keterampilan tentang jurnalistik kepada siswa-siswi, mengerti arti pentingnya dunia jurnalistik dalam memberikan informasi, serta menggali pengalaman dari wartawan-wartawan yang telah terjun ke lapangan untuk mencari berita.

"Salah satu sesi kegiatan tersebut adalah para peserta akan belajar langsung dari wartawan berpengalaman,"ungkap Jamroni.

Berkaitan dengan hal tersebut Jamroni menambahkan, akan tetap berusaha menanamkan kode etik seorang jurnalis kepada tim Warior Matsawi sejak dini. Sehingga dari kegiatan ini dapat diperoleh jurnalis-jurnalis handal dari MTs. Negeri Slawi.

"Sekalipun hanya berada dalam lingkungan madrasah, etika dalam pengambilan berita, etika dalam wawancara harus mereka kuasai mulai dari sekarang, tak ketinggalan, dasar-dasar penulisan, dan desain dalam pembuatan media cetak pun juga sudah harus mereka kuasai, juga atribut seperti Id Card jurnalis dan buku saku pedoman juga harus mereka kantongi agar kegiatan tersebut selalu bersifat legal walaupun hanya berada di lingkungan madrasah," pungkasnya.

Untuk diketahui, warior Matsawi merupakan kependekan dari wartawan yunior MTs. Negeri Slawi, terdiri dari sekumpulan siswa-siswi MTs. Negeri Slawi yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik. Dibina oleh Jamroni yang seorang guru Bahasa Indonesia, kegiatan ekstrakurikuler ini rutin dilaksanakan seminggu sekali setiap hari Jumat selepas kegiatan belajar mengajar. (akb/za/rf)