Wujudkan Kemenag Jateng Majeng, MTsN 1 Pati Gandeng Sahabat Madrasah

Pati – MTsN 1 Pati kembali melakukan kerja sama terkait program Sahabat Madrasah atau Madrasah Binaan dengan madrasah di wilayah Kerja Kelompok Madrasah Tsanawiyah (KKMTs) 01 Pati.

Penandatanganan Memorandum of Uderstanding (MoU) dilakukan secara langsung oleh Kepala MTsN 1 Pati dan Kepala MTs Tarbiyatul Islamiyah (Taris) Jakenan di sela-sela kegiatan Halal Bihalal dan Rapat Koordinasi KKM Kormil MTsN 1 Pati, Selasa (25/5) di Pemancingan Sumber Urip, Pati.

Kasi Penmad Kemenag Kabupaten Pati, Ruhani, yang hadir dalam rapat menyampaikan apresiasi terhadap gerakan yang dilakukan oleh MTsN 1 Pati dalam membangun jaringan Sahabat Madrasah yang hingga saat ini mampu meng-upgrade beberapa prestasi madrasah binaannya sampai tingkat Nasional. “Luar biasa, bahkan sebelum program Sahabat Madrasah di-launching oleh Pak Kakanwil, madrasah ini sudah membangun lebih awal, dan Alhamdulillah ada hasilnya,” tuturnya.

Banyaknya prestasi yang diraih oleh MTsN 1 Pati baik dari guru maupun siswa beberapa tahun terakhir bahkan di tahun 2021 mendapat prestasi terbanyak di lingkungan Kementerian Agama, menjadi alasan Kepala MTs Taris Jakenan, Elli Setiawan tertarik dan ingin menjadi Madrasah Binaan MTsN 1 Pati di bidang Pengelolaan Pencapaian Prestasi Madrasah. “Untuk mendapatkan hasil yang luar biasa tersebut, tentu di dalamnya ada pengelolaan yang baik, dari sinilah kami termotivasi untuk menimba ilmu di sana (MTsN 1 Pati),” ungkapnya.

Ia berharap, dengan kerja sama ini Madrasah yang ia pimpin mampu menorehkan berbagai prestasi di bidang akademik maupun nonakademik, baik tingkat Daerah, Nasional bahkan Internasional. “Harapan kami, prestasi MTs Taris bisa sebaik MTsN 1 Pati. Aamiin,” ujar Elli.

Sementara itu, Ali Musyafak, Kepala MTsN 1 Pati menyebutkan, kerja sama dengan MTs Taris Jakenan merupakan kerja sama ke tiga setelah pada tahun 2020 lalu MTsN 1 Pati menggandeng MTs Manahijul Huda dan MI Tarbiyatul Islamiyah (Taris) Winong sebagai madrasah binaannya. “Alhamdulillah, diberi kepercayaan lagi untuk bisa menularkan semangat kepada madrasah lain,” ujarnya.

Seperti yang diketahui, Sahabat Madrasah atau Madrasah Binaan merupakan salah satu program Kanwil Kemenag Jateng untuk mewujudkan Kemenag Jateng Majeng melalui peningkatkan dan pemerataan mutu pendidikan dengan mengembangkan potensi madrasah.

Dalam kesempatan ini, Syafak juga berharap agar madrasah di KKMTs 01 Pati yang sudah 'mampu' dapat menjadi pembina bagi madrasah lain sehingga tujuan adanya sahabat madrasah ini dapat terwujud dan Madrasah di KKMTs 01 Pati menjadi lebih baik, semakin berprestasi, memiliki daya saing yang tinggi serta dapat menjadi madrasah hebat bermartabat berkelas dunia. (TiM/at)