Wujudkan Masjid Bersih Lewat GEMASIH

Ungaran – Gerakan Masjid Bersih (GEMASIH) yang diinisiasi oleh Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) Kankemenag Kab. Semarang bekerjasama dengan Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI) non PNS dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kecamatan kembali mengadakan kegiatan bersih Masjid pada Senin (12/2) siang di Masjid Darussalam Kelurahan Dampit Kecamatan Tuntang Kab.Semarang. Kegiatan rutin bulanan ini merupakan salah satu program kerja Pokjaluh di bidang kebersihan tempat ibadah.

Ditemui di sela-sela kegiatan, Ketua Pokjaluh Kankemenag Kab. Semarang Tasripan menginformasikan bahwa ide GEMASIH ini bermula dari seringnya dijumpai Masjid/ Musholla yang tempat sholat maupun toiletnya masih kumuh dan belum bersih. Di samping itu, kegiatan GEMASIH menjadi ajang silaturahmi dalam menjalin kebersamaan antar penyuluh baik PNS maupun non PNS di Kabupaten Semarang agar semakin dekat dengan umat.

“Mungkin tempat sholatnya sudah bersih, tapi tak jarang kami dapati toilet Masjid dan Musholla yang kurang layak. Bahkan parahnya, mukena yang ada pun jauh dari kata bersih dan rapi,” ungkap Tasripan.

Memang selain melaksankan bimbingan dan penyuluhan, tugas Pokjaluh ini bisa disama artikan dengan tugas seorang  juru dakwah (DAI). Penyuluh harus bisa menjadi individu yang multi fungsi, dimana mampu memfasilitasi, menjembatani dan memotivasi umat demi kehidupan bermasyarakat yang rukun, aman, tertib dan damai. Setidaknya ada delapan spesialisasi yang masuk pada materi bimbingan dan penyuluhannya yaitu wakaf, zakat, pemberantasan buta huruf Alqur’an, kerukunan umat beragama, keluarga sakinan dan pembinaan produk halal.

Usai bersih-bersih, kegiatan dilanjutkan dengan forum diskusi dengan Takmir Masjid seputar kendala yang dihadapi selama ini. Dalam forum non formal tersebut, Tasripan juga menginformasikan bahwa pihaknya siap jika sewaktu-waktu ada masyarakat yang membutuhkan pendampingan dan berkonsultasi seputar kehidupan berkeluarga, masalah hukum waris maupun pendidikan anak.

“Setidaknya dengan istiqomah melaksanakan program yang sudah kami sepakati dan kami jadwalkan, Pokjaluh Kankemenag Kab.semarang membawa maslahat bagi umat,” pungkasnya. (shl/gt)