Wujudkan Wonogiri Cerdas, MIM Nambangan Adakan Gerakan Membaca Bersama

Wonogiri – Untuk mendorong minat membaca di kalangan siswa agar memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas dan  cerdas, MIM Nambangan bekerja sama dengan Perpustakaan Umum Kabupaten Wonogiri menyelenggarakan kegiatan  membaca bersama, Selasa (09/04) di madrasah setempat yang di ikuti seluruh peserta didik.

Kepala MIM  Nambangan Selogiri, H. Budi Santoso, di dampingi Guru Pembimbing, Tenang Riyadi, mengucapkan apresiasi dan berterima kasih atas kerjasamanya dengan Perpustakaan Umum Kabupaten Wonogiri yang telah menyelenggarakan kegiatan literasi tersebut. Dari kegiatan tersebut, menurut Budi, para siswa semakin bersemangat untuk membaca buku-buku yang ada di mobil keliling dan mengikuti kegiatan edukatif lainnya, yaitu menceritakan isi buku yang telah di baca sehingga bisa meningkatkan wawasanan para siswa.

Bagi para peserta didik yang mampu menceritakan, berhak mendapat hadiah yang telah di siapkan dari Perpustakaan Umum Kabuparten Wonogiri.

“Kegiatan membaca adalah kegiatan yang sangat positif untuk terus dilakukan. Dengan membaca dapat menambah wawasan dan mendapatkan informasi-informasi baru yang berguna, jendela keilmuan akan terbuka melalui membaca. Dengan semangat baca siswa madrasah yang tinggi akan mendorong mereka untuk menggali segala sumber ilmu yang ada, termasuk dari buku perpustakaan keliling,” jelas Budi.

Salah satu Guru pembimbing, Tenang Riyadi, menegaskankan bahwa dengan budaya membaca adalah kegiatan positif yang dilakukan untuk melatih otak dan menyerap segala informasi yang terbaik untuk diterima seseorang. Budaya membaca di kalangan pelajar menurutnya merupakan satu hal yang amat penting. Hal ini juga sangat esensial, karena membaca akan membantu perkembangan pola pikir serta kepribadian mereka.

“Manfaat dari membaca buku sangat banyak. Andai saja pelajar sekarang ini menjadikan kegiatan membaca sebagai aktifitas keseharian, maka jangan heran jika pada masa yang akan datang mereka mampu menunjukan kreatifitasnya di mata dunia,” tutur Tenang Riyadi. (Mursyid-Heri/Sua)