Yuk Menyentuh Karakter Siswa

Banyumas – Menumbuhkan pendidikan karakter sekaligus menumbuhkan suasana kekeluargaan di sekolah beragam caranya. Termasuk dengan membiasakan berjabat tangan sambil cium tangan oleh siswa dengan guru. Kedengarannya sederhana, namun ternyata tak seluruh sekolah mempraktikan dan membiasakan hal ini secara rutin.

Berbeda dengan MTs Negeri Sumbang Kabupaten Banyumas, kebiasaan itu telah rutin dilakukan oleh para siswa-siswi setiap harinya. Sebelum bel sekolah berbunyi pukul 07.00 WIB, para guru telah berbaris di pintu gerbang. Setiap siswa yang datang pun disambut dengan ramah dan senyuman. Memasuki kompleks sekolah, mereka pun berjabat sambil cium tangan dengan seluruh guru yang ada.

“Karena kami meyakini untuk membentuk karakter dan menumbuhkan perilaku baik butuh pembiasaan. Kami berharap agar kebiasaan baik ini juga berlaku di rumah dan lingkungan masing-masing dan bekal siswa di masa mendatang,” kata Akhmad Taukhid Kepala MTs Negeri Sumbang kepada redaksi, Sabtu (11/02).

Guna menumbuhkembangkan karakter siswa-siswi madrasah melalui para pembimbing atau guru madrasah selalu memberi contoh kepada anak didiknya sehingga secara otomatis dengan kebiasaan semua siswa akan belajar secara tidak langsung dan meniru akan kebiasaan yang selalu di lakukan oleh pembimbingnya, namun semua harus diajarkan dan diajak untuk selalu membangun karakter yang diridloi oleh Allah SWT. (mts/bd)