2.250 Siswa MA Kabupaten Cilacap Siap Ikuti UNBK 2018

Cilacap – Sebanyak 2.250 siswa Madrasah Aliyah (MA) negeri dan swasta se Kabupaten Cilacap siap mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2018. Mereka berasal dari 3 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) dan 23 MA swasta.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap melalui Kasi Pendidikan Madrasah, Makmur Khaeruddin mengatakan bahwa, persiapan UNBK 2018 sudah 100%. Dikatakan, seperti pada UNBK sebelumnya, pelaksanaan UNBK terdiri dari beberapa tahap penting, yaitu simulasi 1, simulasi 2, simulasi 3 atau disebut geladi bersih, dan UNBK utama disusul UNBK susulan bagi yang berhalangan mengikuti UNBK utama.

“Untuk persiapan secara fisik sudah 100% sehingga kami tinggal fokus pada penggemblengan mental. Faktor mental terkadang sedikit terabaikan padahal pengaruhnya sangat besar terhadap perolehan prestasi. Makanya tidak jarang mereka yang jumlah siswanya lebih sedikit rata-rata prestasinya tinggi dibandingkan yang banyak. Hal ini salah satunya dipengaruhi oleh persiapan mental. Jumlah siswa yang sedikit lebih mudah diorganisir dibanding yang banyak. Untuk itu, tahun ini kami mendorong para pendidik untuk betul-betul mematangkan mental para siswa,”Tegasnya.

Dikatakan lebih lanjut bahwa, simulasi UNBK hanya menyasar ranah teknis. Siswa sekarang sudah tidak asing lagi dengan program aplikasi, sehingga dengan sekali atau dua kali saja mereka sudah paham. Simulasi hanya sebatas memberi gambaran kepada siswa-siswi tentang prosedur mengerjakan soal UNBK serta bagaimana bentuk soal UNBK.

Dengan adanya simulasi, diharapkan siswa-siswi mampu memahami bagaimana sistem pelaksanaan hingga bagaimana cara melaksanakan ujian berbasis komputer dengan baik dan benar.

Secara terperinci, jumlah siswa jurusan IPA terdapat 825, IPS 1.259, Agama 58 dan Bahasa 108. Mereka nantinya akan terdistribusi dalam 313 ruang.(On/bd)