29 Siswa MAN Cilacap Tembus PTN Via SNMPTN dan SPAN-PTKIN

Cilacap – Patut disyukuri, tahun 2017 sebanyak 29 siswa MAN Cilacap bisa tembus perguruan tinggi negeri umum maupun dibawah naungan Kementerian Agama. Dibanding tahun lalu mengalami peningkatan yang signifikan, yakni hanya berjumlah 15 siswa.

Mereka yang diterima berasal jurusan IPA tujuh siswa, IPS sepuluh siswa, jurusan Keagamaan sembilan siswa dan tiga siswa jurusan Bahasa. Dari empat jurusan, yang menyumbang paling banyak adalah jurusan IPS dengan 10 siswa disusul Keagamaan dengan sembilan anak. Ada siswa yang diterima di dua tempat berbeda yaitu atas nama Ulfa Tartila yang diterima jurusan Hukum UNSRI Palembang dan Jurusan Ilmu Politik di UIN Raden Fatah Palembang.

Penyebaran perguruan tinggi meliputi  UNY Yogyakarta, UNNES Semarang, UNSRI Palembang, IAIN Purwokerto, UIN Raden Fatah Palembang, IAIN Salatga, IAIN Surakarta, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Jurusan yang dipilih antara lain Teknik Kimia, Fisika, Pendidikan Fisika, Ilmu Hukum, Ilmu Politik, Hukum Tata Negara, Tadris Matematika, BK Islam, PGMI, Manajemen Bisnis Syariah, Perbankan Syariah, PAI, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Bahasa Inggris, Ilmu Al Quran dan Tafsir serta Manajemen Zakat dan Wakaf.

Kepala MAN Cilacap, Muhadin ikut merasa gembiranya atas keberhasilan para siswanya. Dikatakan bahwa secara umum MAN Cilacap tahun ini mengalami peningkatan signifikan yang diterima lewat jalur SNMPTN dan SPAN-PTKIN. Harapannya, kedepan tentu akan menjadi lebih baik dan berkualitas, menjadikan madrasah sebagai rujukan utama untuk  dipercaya oleh masyarakat untuk mendidik putra putrinya menuju generasi yang berkarakter, terampil dan memiliki kecerdasan intelektual yang baik. (Agus/On/bd)