34 Guru Madrasah Akan Ikuti PPG 2021

Rembang – Sebanyak 34 guru madrasah di Kabupaten Rembang lolos seleksi mengikuti Pelatihan Profesi Guru (PPG) tahun 2021. PPG ini akan dilaksanakan pada mulai awal Juni 2021 di sejumlah PTKIN di Indonesia.

Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Rembang, Syadullah mengatakan, 34 guru tersebut adalah guru PNS ataupun non PNS madrasah, baik tingkat RA, MI, MTs dan MA yang telah terdaftar di Simpatika sejak tahun 2015. Mereka mengikuti pendaftaran PPG pada tahun 2017 dan melaksanakan pre test pada 2018 dan 2019.

“Guru yang mengikuti pre test tahun 2019 ada yang mengikuti PPG tahun itu juga. Namun sisanya tertunda. Jadwalnya mereka mengikuti tahun 2020, namun karena tertunda pandemi, maka pelaksanaannya baru tahun ini,” jelas Syadullah ketika diwawancara Kamis (27/5/2021) di ruang kerjanya.

Syadullah mengatakan, 34 guru tersebut akan mengikuti PPG secara daring di sejumlah PTKIN, antara lain IAIN Gorontalo, IAIN Pekalongan, IAIN Purwokerto, IAIN Samarinda, IAIN Cirebon, IAIN Raden Fatah Palembang, dan lainnya.

Syadullah meminta seluruh guru agar mempersiapkan diri dengan baik dan mengikuti materi dengan sungguh-sungguh. “Kami mengimbau agar peserta dapat mengikuti PPG dengan baik dan memanfaatkan ini dengan sebaik-baiknya. Karena ini akan menunjang karir mereka,” ungkap Syadullah.

PPG ini akan digelar selama tiga bulan dan diakhiri dengan Ujian serta PPL. Syadullah berharap, semua peserta akan lulus PPG sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan sertifikasi guru. — iq