466 Calhaj Berangjat 31 Juli Dan 1 Agustus

BLORA – Calon Jamaah Haji Blora pada tahun 2018 ini sebanyak 466 orang yang terbagi menjadi dua kloter yang akan diberangkatkan berturut turut pada tanggal 31 Juli dan 1 Agustus mendatang.

Demikian diungkapkan Kasi Haji dan Umroh Kankemenag Blora, Drs.H. Dwiyanto,M.Ag kemaren (29/6) yang menghimbau kepada seluruh calon jamaah haji untuk tetap menjaga kkondisi kesehatan masing masing baik saat berangkat, saat menunaikan maupun saat kembali ke tanah air.

Dengan kondisi kesehatan yang prima, maka diharapkan pemberangkatan ibadah haji tahun ini bisa dilaksanakan sesuai jadwal yang telah ditentukan.

“kami mengharapakan semua calhaj bisa menjaga kondisi kesehatan karena pelaksanaan rukun dan wajib haji di makah dan madinah sangat membutuhkan kondisi fisik yang sehat dan prima”uajarnya serius.

Sebanyak 466 calhaj tersebut nantinya akan akan diberangkatkan pada gelombang dua dan terbagi menjadi dua kelompok terbang (kloter) yakni kloter 52 dan kloter 53.

Untuk yang tergabung koter 52 jadwal masuk asrama Haji Donohudan tanggal 31 Juli 2018 pukul 13.00 WIB, smeentara untk kloter 53 masuk Asarama haji tanggal 1 Agustus 2018 pukul 06.00 WIB.

Adapun untuk pelunasan Ongkos Naik Haji (ONH) tersebut sebanyak 450 calon jamaah haji telah melakukan pelunasan dan menyusul pelunasan tahap kedua ada penambahan kuota sebanyak 16 orang yang diisi oleh jamaah yang sudah berusia lanjut, sehingga total calon jamaah menjadi 466 orang.

Namun demikian, menurut Dwiyanto jumlah tersebut bisa bertambah karena nantinya akan ada pelunasan ONH tahap II dimana dimungkinkan pesertanya calon jamaah haji yang berusia lanjut.

“namun jumlahnya berapa Blora masih menunggu keputusan dari pusat karena yang menentukan kuotanya pusat” paparnya serius.

Diakuinya julah jamaah haji mamang lebih kecil dari tahun 2017 kemaren yang mencapai 600 orang , sehingga tahun ini Kemenag hanya mempunyai dua petugas yakni 1 TPHI (Tim Pembimbing Haji Indonesia) dan 1 orang Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia( TPIHI), ditambah dari daerah ada 3 orang TPHD(Tim Petugas Haji Daerah) dan satu orang dari kesehatan.

“Kami juga akan melakukan pembimbingan manasik haji pada senin (2 /7) mendatang dilanjutkan pada tingkat Kecamatan mulai 3 Juli mendatang”imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Kankemenag Blora, Nuril Anwar berharap pelaksanaan ibadah haji tahun ini bisa berjalan dengan lancar dan tertib dengan kebersamaaan dan kekompakan serta kesiapan petugas haji semoga tidak menemui kendala yang berarti. (ima/bd)