8104 Pelajar MI-MTs-MA Telah Bisa Cairkan PIP

Kudus – Sesuai SK Direktorat Kurikulum, Sarana , Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah Dirjen Pendis Nomor 2801,2082 dan 2083 Tahun 2018 sebanyak 3591 siswa MI, 2923 siswa MTs dan 1590 siswa MA di wilayah Kementerian Agama Kab. Kudus ditetapkan sebagai siswa Madrasah Penerima Manfaat Program Indonesia Pintar tahap 1 Tahun 2018. Untuk mempercepat tersalurnya PIP , pada hari Kamis 20 September 2018 bertempat di Aula Lantai 2 Kemenag Kudus diselenggarakan rapat koordinasi PIP MTs  – MA dengan menghadirkan BNI 46 Cabang Kudus selaku salah satu bank penyalur.

“ Siswa penerima PIP akan segera menerima dana dengan secepatnya memenuhi persyaratan proses pencairan melalui bank yang sudah ditunjuk Kemenag Pusat yaitu Bank Negara Indonesia (BNI) untuk siswa MTs – MA dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) bagi siswa MI . Kami mendorong agar segera dicairkan sehingga mereka dapat menggunakan manfaat dana PIP untuk keperluan sekolah “ , tutur Suhadi selaku Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Kudus.

Suhadi mengingatkan agara dana PIP tersebut dimanfaatkan sesuai peruntukanya yaitu mendukung pembiayaan pendidikan pelajar. Pihak madrasah juga memiliki peran penting untuk mengawasi penggunaan dana tersebut sehingga pendidikan penerima PIP tidak mengalami kendala. Selain itu Suhadi juga menambahkan agar BNI 46 Cabang Kudus selaku bank penyalur senantiasa memberikan kemudahan sehingga manfaat PIP dapat diterima tepat sasaran, tepat jumlah , tepat waktu dan mudah dilakukan .

Sebagai agent of development PT Bank Negara Indonesia  (Persero) Tbk (BNI) terus berkomitmen menyukseskan program pemerintah . Salah satunya memberikan kemudahan pelayanan dalam penyaluran Program Indonesia Pintar (PIP) melalui distribusi KIP dalam bentuk Kartu ATM dan Buku Tabungan Simpanan Pelajar BNI ( SimPel BNI ) . Tabungan Simpel BNI adalah rekening berbentuk simpanan pelajar yang diterbitkan oleh BNI dengan syarat yang mudah yaitu setoran awal – saldo minimal dan biaya Rp.),- “ Jelas Roni Sulistiohadi selaku perwakilan BNI 46 Cabang Kudus.

Dalam kesempatan tersebut juga dibagikan berkas kelengkapan pembukaan rekening pada masing masing perwakilan Mts – MA yang meliputi formulir pembukaan rekening , buku tabungan, Slip penarikan , formulir surat kuasa an surat pernyataan kepala madrasah . Sedangkan untuk kartu KIP ATM yang masih dalam proses pencetakan akan di distribusikan kemudian. (St.Zul/wwk/bd)