916 Jemaah Hadiri Praktek Manasik Haji di MIM Bulak PK

Karanganyar – Ahad, 10 Februari 2019, Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Bulak PK, menyelenggarakan latihan manasik haji. Kegiatan yang terlaksana di halaman madrasah ini diikuti oleh 916 jemaah yang berasal dari 12 lembaga pendidikan, baik siswa-siswi PAUD/KB, TK, MI/SD, SMP/MTs maupun wali murid. Hadir dalam kesempatan tersebut Camat Gondangrejo, PDM Kabupaten Karanganyar beserta Majelis Dikdasmen, PCM Gondangrejo, Aisyiyah, Tapak Suci, Lazismu Cabang Gondangrejo serta tokoh masyarakat setempat.

Kepala MIM Bulak Gondangrejo, Alfian Eko Rochmawan, dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan diselenggarakannya latihan manasik haji ini adalah untuk menanamkan nilai-nilai keIslaman kepada anak didik dan masyarakat setempat.

“Kegiatan ini diadakan untuk menanamkan nilai-nilai keIslaman kepada anak didik utamanya, dan masyarakat secara luas. Dalam prakteknya, kita berusaha untuk menyesuaikan dengan kondisi sesungguhnya berdasarkan arahan dari Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar,” kata Alfian saat memberi keterangan pada tim humas Kemenag Karanganyar.

Gambaran secara terperinci bagaimana kondisi saat berada di Makkah, cara-cara efektif bagaimana mengetahui tempat untuk memulai sa’i dan lainnya dibuat mirip, sehingga lokasi yang digunakan bisa lebih mendekati dengan keadaan yang sebenarnya.

Lebih lanjut Kepala MIM mengungkapkan harapan diselenggarakan kegiatan tersebut, yaitu agar anak didik beserta wali muridnya dapat mengerti tentang nilai-nilai yang terkandung dalam ritual ibadah haji.

“Kami berharap semoga dengan diselenggarakannya acara tersebut maka murid dan wali murid dapat mengerti tentang tata cara ibadah haji dan nilai – nilai yang terkandung didalamnya. Tentuanya untuk kedepan harapan dan doa mulia dari panitia yakni agar seluruh peserta kelak dapat serta berkesempatan menunaikan ibadah haji,” tandasnya. (eko-hd/sua)