081128099990

WA Layanan

081393986612

WA Pengaduan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Whistle Blower

MAN 1 Kota Semarang Jaring Bakat Siswa melalui Festival Bulan Bahasa

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang, Oktober merupakan bulan yang ditetapkan sebagai bulan bahasa karena pada tanggal 28 Oktober merupakan Hari Sumpah Pemuda.  Dan untuk memperingati bulan bahasa, MAN 1 Kota Semarang menyelenggarakan festival bulan bahasa yang diramaikan dengan berbagai perlombaan dan sarasehan. 

Perlombaan dimaksud yaitu, lomba pidato bahasa Indonesia, pidato bahasa Arab, pidato bahasa Jawa, pidato bahasa Inggris, storytelling, musikalisasi puisi, drama, poster dan fashion show, yang dilaksanakan pada Kamis (27/10/2022) di kampus setempat.

Berbagai perlombaan ini diikuti oleh perwakilan kelas masing-masing, dari kelas 10 hingga kelas 12.

Sedangkan puncak peringatan bulan bahasa dilaksanakan Sabtu (29/10/2022), dengan menyelenggarakan seminar bertajuk  “Teater dan Keteateran”, yang diisi oleh Ahmad Fauzan dari UIN Walisongo Semarang. Dalam pemaparannya, Fauzan menyampaikan, dalam dunia keteateran unsur-unsur konsentrasi, pernafasan, vokal, gerak dan karakterisasi, mempunyai peran yang sangat penting untuk menghasilkan karya teater yang berkualitas. “Untuk mencapai kualitas yang baik pada unsur-unsur tersebut, diperlukan latihan rutin dan berkesinambungan,” ungkapnya.

Seminar diikuti oleh 260 siswa yang merupakan perwakilan dari masing-masing kelas. Nampak semua peserta sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya, Kepala MAN 1 Kota Semarang menyampaikan, peserta didik merupakan generasi muda calon penerus bangsa. Ggenerasi muda adalah harapan untuk masa yang akan datang, sehingga siswa harus belajar berorganisasi sebagai ajang melatih kemampuan dan mental, sebagai bekal di kehidupan yang akan datang. Pemuda jangan menggantungkan kepada orang tua, karena kehidupanmu untuk masa yang akan datang,” tandas Tasimin selaku Kepala MAN 1 Kota Semarang. Di tempat terpisah, Waka Kesiswaan MAN 1 Kota Semarang, Rosidi menyampaikan, festival bulan bahasa dapat menjadi sarana bagi madrasah untuk menggali potensi yang dimiliki oleh siswa. “Melalui festival bulan bahasa, madrasah dapat menjaring bibit-bibit unggul, sehingga akan memudahkan bagi madrasah dalam mengirimkan delegasi pada ajang terkait yang akan diadakan di luar madrasah,” ujarnya.(Rosidi/NBA/bd)

Skip to content