A. M. Alwi : Hayati, Renungi Perjuangan Pahlawan, dan Teruskan Perjuangannya

Tegal – Hari ini tepatnya tanggal 10 November, MAN 2 Tegal menggelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan. Upacara yang digelar di Halaman MAN 2 Tegal diikuti oleh seluruh civitas akademika madrasah. Menilik sejarah, peringatan tersebut didasarkan pada peristiwa “Pertempuran 10 November 1945” di Surabaya, sebagai pertempuran pertama dan terbesar antara pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah Kemerdekaan 17 Agustus 1945 yang memakan banyak korban.

Peringatan ini dijadikan sebagai momen reflektif untuk memberi makna atas pengorbanan para pahlawan kusuma bangsa, dengan menyalakan jiwa kepahlawanan dalam perjuangan mengisi kemerdekaan.

Upacara dipimpin oleh M. Yosip siswa dari kelas XII.IPS.2. Di hadapan seluruh peserta upacara, A. M. Alwi menyampaikan “Siswa sebagai generasi penerus bangsa dapat mengambil pelajaran dari perjuangan para pahlawan. Sebagai seorang pelajar tugas kalian adalah melanjutkan perjuangan dengan kesungguhan dalam menuntut ilmu serta dapat mencerminkan sifat dan sikap para pahlawan,” ujarnya.

Alwi menambahkan, “Dalam peringatan peristiwa sejarah ini semoga kalian dapat menghayati dan merenungi jasa dan pengorbanan para pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia” tambahnya.

Selain itu, Alwi menghimbau agar siswa-siswi lebih mempersiapkan diri dengan lebih giat belajar karena sebentar lagi akan diadakan Penilaian Akhir Semester Gasal yang akan dilaksanakan pada tanggal 26 November 2018 hingga 5 Desember 2018. Semoga dengan peringatan ini dapat memupuk jiwa nasionalisme siswa serta menumbuhkan nilai-nilai kepahlawanan.

Di akhir amanat, Alwi mengajak para siswa untuk meneladani para pahlawan untuk terus berjuang, berkarya, dan jangan pantang menyerah.

Ditemui selepas upacara, Santoso salah seorang siswa dari XII.IPA.2 menuturkan, “Upacara peringatan hari pahlawan ini merupakan hal yang sangat positif serta dapat membangkitkan semangat kebangsaan para siswa khususnya dirinya”, tuturnya.

Dia menambahkan, “Upacara hari pahlawan adalah salah satu bentuk cinta kita kepada tanah air dan juga dijadikan sebagai salah satu bentuk terimakasih kita kepada para pahlawan yang telah mendahui kita”, tambahnya.

Dia juga berharap, “Para siswa MAN 2 Tegal, akan lebih menghargai jasa para pahlawan serta akan lebih semnagat dalam meneruskan perjuangan dengan cara lebih giat lagi dalam belajar”, pungkasnya. (dhi-ras/rf)