AGPAII Media Guru PAI Tingkatkan Pendidikan Nasional

Ungaran – Perwakilan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) se-Kabupaten Semarang mengikuti musyawarah daerah  (Musda) I pembentukan kepengurusan DPD Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Semarang, Senin (15/10) siang.

AGPAII merupakan wadah komunikasi bagi guru PAI untuk berdiskusi, menyampaikan informasi, menyalurkan aspirasi dan pembinaan diantara sesama guru Pendidikan Agama Islam. Adapun kewenanganya meliputi: pembinaan dan pengembangan profesi guru PAI Indonesia, memberikan perlindungan profesi guru PAI Indonesia, memberikan perlindungan profesi guru PAI Indonesia serta turut memajukan pendidikan nasional.

Menurut ketua DPW AGPAII Jawa Tengah Muhammad Ahsan yang turut hadir dalam kesempatan tersebut, saat ini AGPAII sangat dibutuhkan guna meningkatkan kompetensi, karier, wawasan kependidikan keagamaan, serta sebagai perlindungan profesi bagi guru PAI itu sendiri.

“Keberagaman latar belakang guru PAI pada sekolah tingkat dasar hingga menengah menuntut adanya kemampuan yang lebih profesional, berkarya dan berprestasi dalam melaksanakan tugasnya sehari-hari. Untuk itu diperlukan adanya wadah khusus yang bisa mengakomodir keberagaman tersebut,” ungkap Ahsan.

Dalam kesempatan yang sama, Ahsan juga menginformasikan bahwa di tingkat Jawa Tengah, program AGPAII yang sudah berjalan adalah mensinergikan antara kegiatan MAPSI PAI dengan kekayaan lokal yang ada di Jawa Tengah.

“Sungguh MAPSI menjadi ajang untuk menjaga keragaman islam yang rahmatan lil alamin,” lanjutnya

Disamping itu, jelang tahun politik 2019, Ahsan menghimbau kepada segenap guru PAI yang hadir untuk bisa menjaga dan menahan diri agar tidak terseret pada hal-hal yang berbau politik.

“Di era digital dan milenial ini, guru sebagai pendidik penerus keturunan bangsa harus selalu siap memberi suri tauladan yang baik. Jangan sampai kita terseret pada arus politik yang bisa jadi hal itu akan merugikan diri kita sendiri,” pesannya.

Sementara itu kasi PAIS Kankemenag Kab.Semarang Mukhtarom menyampaikan bahwa usai pembentukan kepengurusan AGPAII nanti, pihaknya menjadwalkan untuk mengadakan pelantikan pada bulan November mendatang. (shl/gt)