Agus Purnomo : Kedisiplinan adalah Nafas dari Seorang PASKIBRA

Tegal (Slawi)-Setelah mengadakan kegiatan pelantikan gabungan bagi ekstrakulikuler Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) dan Marching Band, MAN 2 Tegal kembali mengadakan pelantikan anggota baru untuk ekstrakulikuler PASKIBRA. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari, 17-18 November 2018.

Diadakannya kegiatan ini, selain menjalankan program kerja di ekstrakurikuler Paskibra, juga agar dapat mendidik calon anggota baru supaya lebih mengenal sejarah Paskibra, melatih kedisiplinan serta dapat mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan pelantikan ini dibuka langsung oleh Agus Purnomo selaku Waka Urusan Kesiswaan MAN 2 Tegal. Agus menyampaikan kepada peserta “Agar terus berlatih karena dengan berlatih rutin, kekompakan dalam Paskibra akan terwujud”, terangnya.

Agus menambahkan, “Jadilah pelopor kedisiplinan atau contoh yang baik untuk siswa MAN 2 Tegal, karena di Paskibra kedisiplinan merupakan nafas kegiatan”, tambahnya.

Pelantikan yang diikuti oleh 9 peserta putra dan 18 peserta putri ini diketuai oleh Dwi Fatmawati selaku Ketua Paskibra baru. “Kami sudah menyiapkan kegiatan ini jauh-jauh hari, terutama menyiapkan outbond, karena nanti peserta akan berjalan kaki sejauh 16 km yang melewati beberapa desa. Dari panitia-pun sudah berusaha semaksimal mungkin agar kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dengan selalu mendapat bimbingan dari pembina”, paparnya.

Harapan saya para peserta dapat menyerap materi yang disampaikan seperti Sejarah paskibra, Bela Negara serta PBB-TUB serta dapat memupuk kedisiplinan serta dapat menerapkannya,” terangnya.

Untuk Panitia semoga tetap jaga kesehatan sampai kegiatan berakhir, jaga kekompakan dan terus koordiasi dengan saya dan pembina”, tambahnya.

Ditemui di sela-sela kegiatan (17/11), Nur Salim selaku Pembina Ekstrakurikuler Paskibra menuturkan, “Dalam kegiatan pasti mempunyai kendala, namun yang saya amati sejauh ini panitia dapat melewatinya”, tuturnya.

Salim juga menambahkan, “Kegiatan ini juga sebagai tolak ukur pemahaman peserta tentang materi-materi yang setiap minggunya diberikan. Melatih fisik, mental, disiplin, dan tanggung jawab. Saya berharap peserta akan lebih baik dari kaka seniornya dan tetap rendah hati dalam menerima kritik dan saran”, tambahnya.

Salah satu peserta Khoerul Anam mengatakan “Dirinya mengikuti ekstrakurikuler Paskibra karena ingin melatih kedisiplinan serta dapat menjadi paskibraka hingga tingkat nasional”, harapnya.

Titik Lina Handaru selaku pembina OSIS berharap “Semoga dengan kegiatan ini anggota Paskibra yang baru senantiasa aktif dalam mengikuti kegiatan Paskibra dan dapat membawa nama baik madrasah serta dapat menorehkan prestasi yang gemilang dalam perlombaan seperti Lomba Ketangkasan Baris Berbaris (LKBB), dan Lomba Tata Upacara Bendera (TUB). Dan juga dapat bekerjasama dengan baik dengan OSIS dan juga ekstrakurikuler lainnya”, pungkasnya. (dhi-ras/rf)