Akhlak Siswa Madrasah, Teladan bagi Masyarakat

Pati – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Farhani, Kakankemenag Pati Ahmad Mundakir, Pengawas Madrasah, Kepala MTs, dan para guru se KKMTs Negeri Margoyoso Pati pagi ini (19/11) hadir dalam Pembukaan Workshop Implementasi Kurikulum 2013. Sebanyak 120 orang peserta hadir di Hotel Safin Pati untuk mengikuti workshop ini selama dua hari ke depan.

Kakanwil sangat mengapresiasi terselenggaranya acara ini yang diikuti dengan penuh semangat oleh para peserta dan disiapkan dengan matang oleh panitia. Kegiatan ini sejatinya merupakan kegiatan pembangunan di bidang pendidikan madrasah untuk lebih meningkatkan prestasi madrasah yang lebih baik.

“Terima kasih kepada para guru dan keluarga besar madrasah yang telah berusaha keras untuk meningkatkan prestasi yang membawa nama madrasah semakin baik,” kata Farhani.

Peserta didik di madrasah selama 3 tahun terakhir mengalami peningkatan yang cukup signifikan, khususnya di Madrasah Ibtidaiyah. Hal tersebut menjadi bukti bahwa kepercayaan masyarakat untuk menitipkan pendidikan anaknya di madrasah yang berarti pula kualitas pendidikan madrasah sudah lebih baik. Masyarakat menilai lulusan madrasah mampu terjun di masyarakat dengan baik, terutama dalam bidang agama. “Mereka mampu menunjukkan akhlak mulia,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut Kakanwil mengingatkan kepada para peserta yang nota bene merupakan aparatur Kementerian Agama agar bisa melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik dan kedisiplinan yang tinggi.

“Junjung tinggi nilai akhlakul karimah sehingga bisa menjadi teladan bagi warga masyarakat,” himbaunya.

Disampaikan bahwa sebuah kasus yang telah menjadi aduan, maka proses hukum akan berjalan sesuai dengan prosedur yang berlaku. “Kalau sudah menjadi aduan maka akan diproses hukum dan tidak bisa diintervensi,” tandasnya.

Prestasi capaian reformasi birokrasi Kementerian Agama semakin meningkat lebih baik. Hujatan dan cacian yang diterima menjadi cambuk bagi Kementerian Agama untuk memperbaiki kinerja dan pelayanan kepada masyarakat.

Sebelumnya, Syarif Hidayat, Ketua KKMTs Negeri Margoyoso Pati dalam laporannya mengharapkan kepada peserta untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya untuk kemajuan pendidikan khususnya di lingkungan KKMTsN Margoyoso Pati. Workshop ini bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan kemampuan dan minat para guru untuk berinovasi dalam menerapkan kurikulum 2013 sehingga meningkatkan motivasi kinerja guru. Selanjutnya ditekankan kepada seluruh anggota KKMTsN Margoyoso agar siap mengimplementasikan Kurikulum 2013. (fat/gt)