Akhmad Farkhan : Islam Merupakan Agama Yang Rahmat Seluruh Alam

Tegal– Dalam rangka menyatukan pola pikir seluruh masyarakat untuk hidup rukun, saling menghargai dan toleransi antar sesama yang dimulai dari dunia pendidikan sebagai penerus bangsa, maka Kantor Kementerian Agama Kota Tegal melalui Seksi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (Pakis), menggelar Kegiatan Islam Rahmatan Lil’alamin dan Perspektif Multikultural bagi  siswa-siswi SMA/SMK se Kota Tegal, Rabu (06/03) di Hotel Pesona Tegal.

Mengawali sambutanya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tegal, Akhmad Farkhan mengatakan, Islam adalah agama rahmatan lil alamin artinya Islam merupakan agama yang membawa rahmat dan kesejahteraan bagi seluruh alam semesta, bukan saja sebagai rahmat antar sesama manusia, tapi juga tumbuhan, binatang, udara, batu dan lainya.

Selain itu, Ia juga mengatakan, bahwa islam adalah agama yang cinta damai, maka dari itu para generasi penerus bangsa ini jangan sampai mau disusupi paham/aliran yang menyesatkan, termasuk menyikapi islam dengan fanatik buta, juga melakukan tindakan mengkotak-kotakkan satu dengan yang lain, kita harus semangat menuju toleransi, kerukunan serta kedamaian”ajak Farkhan.

Disisi lain Farkhan menegaskan, kegiatan ini merupakan program yang sangat urgent dari Kementerian Agama dalam rangka memberikan wawasan islam rahmatan lil’alamin yang sangat mendasar melalui integrasi dari tafsir/penterjemah para ahli sesuai dengan konteks Al Quran dan Hadits.

Integrasi tersebut dilakukan dalam rangka menghindari pemahaman melalui cara sendiri dengan hanya membaca Al Qur’an dan hadits secara tekstualnya saja, tanpa konfirmasi  dengan  para ahlinya, “tutur Farkhan

Ia berharap para siswa yang hadir disini bisa menjadi agen/disributor bagi siswa lain di sekolah masing-masing, dengan kata lain setiap siswa harus bisa menjadi rahmat bagi siswa yang lain,”harapnya. (IM/bd)