Anak Senang, Guru Tenang, Orang Tua Bahagia

Tegal (Slawi) – Dalam rangka memperingati Sekolah Ramah Anak, MTs Negeri 3 Tegal mengadakan kegiatan yang bertemakan Outdoor Classroom Day (OCDay). Bertempat dihalaman madrasah MTsN 3 Tegal, kegiatan yang dilaksanakan karena masih banyak hal-hal yang membahayakan anak di sekolah seperti makanan tidak sehat dan sarana prasarana yang tidak ramah anak. Kamis (01/11).

Kegiatan yang di ikuti sebanyak 910 siswa, 65 Guru dan Staff TU MTs Negeri 3 Tegal, bertujuan untuk mencapai tujuan pendidikan melalui proses pembelajaran yang lebih menyenangkan dilingkuan sekolah, membentuk karakter dan menanamkan rasa cinta tanah air. Kegiatan ini mempunyai motto, Anak Senang, Guru Tenang, Orang Tua Bahagia.

Sekolah Ramah Anak merupakan upaya mewujudkan pemenuhan hak dan perlindungan anak selama 8 jam anak berada di sekolah. Adapun kegiatan yang menjadi agenda adalah, menyambut siswa dengan senyum, sapa, salam, sopan, santun, menyanyikan lagu Indonesia raya, cuci tangan sebelum makan, baca doa bersama, sarapan sehat bersama, membaca buku diluar ruangan, membersihkan lingkungan, simulasi sadar bencana, senam germas, permainan tradisional, yel yel sekolah ramah anak, Deklarasi sekolah ramah anak, pelantikan tim sekolah ramah anak, Menutup dengan menyanyikan lagu maju tak gentar.

Dalam sambutan yang disampaikan Kepala Madrasah Siti Fasikha, “Sekolah ramah anak ini menjadikan semua senang baik dari siswa, guru dan staff TU. Kemudian memberikan pelajaran membentuk karakter yang baik bagi siswa-siswi”

Selain itu acara seperti ini dilaksanakan di 34 Provinsi, 234 Kab/Kota dengan durasi minimal selama 2 jam 30 menit. Satuan pendidikan yang melaksanakannya adalah PAUD, TK, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, MI, MTs, dan MA. (yd/za/rf)