Aplikasi BOS Pintar Untuk Pervalid Penyaluran Dana BOS

Rembang – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang mengadakan sosialisasi BOS Pintar, Senin (26/11/2018) di aula Kankemenag Kabupaten Rembang. Sosialisasi ini diikuti oleh operator dari MI dan MTs se-Kabupaten Rembang.

Moderator Seksi Pendidikan Madrasah, Chaizatul Hasanah mengatakan, BOS pintar ini adalah sistem informasi BOS dan Progam Indonesia Pintar yang digunakan untuk melakukan validasi Data penerima BOS dan PIP di madrasah.

“Sibos Pintar merupakan aplikasi terbaru keluaran Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama melalui Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan Madrasah (KSKK Madrasah),” jelas Chaiza.

Sibos Pintar merupakan aplikasi desktop online. Aplikasi ini diinstal di komputer atau laptop yang terhubung dengan internet. Untuk mengunduh aplikasi ini bisa melalui situs resmi, https://madrasah.kemenag.go.id/sibospintar, kemudian download Aplikasi SIBOS PINTAR.

Chaiza didampingi staf lain menjelaskan tata cara menginstal aplikasi ini. Harapannya, aplikasi ini akan bisa digunakan untuk pencairan dana BOS tahun anggaran 2019.

Valid

Kasi Pendidikan Madrasah Kankemenag Kabupaten Rembang, Jasim mengatakan, aplikasi ini diharapkan dipelajari betul oleh operator, hingga menu detailnya. Karena aplikasi ini akan menjadi acuannya dicairkannya BOS tahun anggaran 2019.

“Dengan adanya aplikasi ini, data-data yang disampaikan benar-benar valid, sehingga BOS akan tepat sasaran,” ujarnya. — iq/bd