Aplikasi E-Kinerja Mudahkan Pelaksanaan Tugas ASN

Pati – Pemberian tunjangan kinerja ke beberapa Kementerian di Indonesia merupakan bentuk apresiasi dan perhatian Pemerintah terhadap kinerja PNS/ASN. Sebagai bentuk pertanggungjawaban pembayaran tunjangan kinerja yang diterima setiap bulan, maka setiap pegawai harus membuat Laporan Pencapaian Kinerja Harian yang ditanda tangani oleh atasan langsung pegawai tersebut setiap harinya.

Kantor Kementerian Agama Kota Kabupaten Pati melaunching Aplikasi “e-Kinerja”. Layanan berbasis online ini memuat catatan kinerja harian semua Aparatur Sipil Negara (ASN) Kankemenag. Dengan demikian, aplikasi ini diharapkan akan memudahkan pengawasan kinerja ASN. Demikian disampaikan Kepala Subbag TU Kankemenag Kabupaten Pati Ahmad Syaiku pada kegiatan sosialisasi pelaksanaan Laporan Capaian Kinerja Harian dengan system aplikasi (E-Lapkin) berbasis android, bertempat di aula kantor Kemenag Kabupaten Pati, Senin (25/6/2018).

Kegiatan sosialisasi ini telah dilakukan sebanyak 2 (dua) kali, yang pertama untuk ASN Kantor Kemenag pada Jum’at (8/6/2018) dan untuk ASN Guru dan KUA pada Senin (25/6/2018).

Kepala Subbag TU Kankemenag Kabupaten Pati sebagai sang penggagas aplikasi e-kinerja memaparkan, “Niat awal memang sebagai penelitian saya atas Diklat PIM yg sedang saya ikuti, bagaimana cara paling mudah biar bisa input laporan kinerja dimana saja dan kapan saja.” Ujarnya

E –Kinerja merupakan aplikasi elektronik yang digunakan untuk penilaian kinerja dari ASN , dalam upaya memberikan apresiasi dan pengakuan atas kinerja pegawai, maka menjadi perhatian Kemenag Kabupaten Pati dalam mewujudkan pelaksanaan E-Govermant dengan melalui E–Kinerja, papar Saiku.

Dengan adanya E–Kinerja diharapkan adanya kepastian bagi pegawai yang menunjukkan kinerja baik tentu mendapatkan apresiasi baik pula, demikian pula sebaiknya, bagi pegawai dengan kinerja buruk akan mendapatkan imbalan sesuai dengan yang dilakukan. Diharapkan tidak ada lagi pegawai yang tidak tahu akan apa yang dikerjakan tapi nantinya setiap pegawai akan mengetahui beban tugas masing – masing, tandasnya.

Cara penggunaan aplikasi ini bisa dibilang mudah, melalui perangkat elektronik yang bisa terhubung ke internet, penggunanya cukup mengakses http://e-kinerja.kemenagpati.com melalui PC atau e kinerja kemenag pati melalui HP pada menu play store. Bagi yang belum terdaftar klik daftar dan bagi yang sudah terdaftar tinggal klik login. Menu-menu penting sudah disediakan, diantaranya input laporan, lihat/edit laporan, dan cetak laporan, papar Syaiku.

“Tentunya privasi pengguna tetap terjaga, artinya laporan yang dibuat hanya bisa dilihat oleh pegawai yang bersangkutan dan atasan si pegawai tersebut, artinya orang lain tidak memiliki akses untuk membukanya,” jelasnya.

Syaiku memberikan pengarahan tentang pentingnya E –KINERJA, untuk mendokumentasikaan semua kegiatan kita dan bisa menjadi bahan pembinaan bagi para atasan, tentunya dengan melihat uraian realtime kinerja harian yang dikerjakan masing – masing pegawai.

“Semoga aplikasi e-kinerja ini bisa konsen mengembangkan SDM dan untuk meningkatkan kinerja para ASN Kankemenag Kabupaten Pati,” tandasnya

“Aplikasi ini dapat mengontrol pekerjaan seluruh pegawai Kankemenag Kabupaten Pati,” tambahnya.

Kepala Kankemenag Kabupaten Pati Imron, saat kami temui menyampaikan dukungannya terhadap keberadaan e-kinerja. Baginya, e-kinerja akan memudahkan laporan harian yang harus dibuat ASN. E-kinerja juga dapat mempermudah pimpinan dalam mengaudit, memberi pengawasan kepada pegawai, sehingga tidak ada satu pegawai yang tidak terkontrol, ujarnya.

“Saya sangat mendukung e-kinerja, kiranya dapat juga ditularkan ke kota lain. Semoga e kinerja menjadi pilot project bagi Kankemenag yang lainnya,” kata Imron.

Launching e-kinerja ini menurutnya merupakan momentum untuk meningkatkan capaian kinerja. “Kami mendukung dan mengapresiasi program ini,” pungkasnya. (Am/bd)