Bentuk Sinergitas Dengan Kodim 0736 Batang, Kemenag Bagikan Zakat Pada Fakir Miskin Di Arena TMMD Sengkuyung II

* Kepala KUA Kecamatan Limpung H. Muh. Junaidhi mewakili Kepala Kantor Kemenag Kab. Batang Membagikan Zakat pada fakir miskin pada TMMD Sengkuyung II di Desa Kalisalak


Batang – Selasa (6/7) Bertempat di Balai Desa Kalisalak Kecamatan Limpung Kabupaten Batang sebagai pusat kegiatan Non Fisik TMMD Sengkuyung II Tahun Anggaran 2021 yang merupakan salah satu kegiatan dari Kodim 0736 Batang disamping kegiatan fisik. Hadir dalam acara tersebut dari Kodim 0736, dan Nara sumber dari Kemenag Batang, juga DP3AP2KB Batang, serta para kader Posyandu Desa Kalisalak yang terdiri dari ibu-ibu sebagai peserta.  Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Desa  Kalisalak Setiadi, yang dilanjutkan pembagian bantuan secara simbolis dari Kemenag Batang kepada para fakir, miskin dan sabilillah Desa Kalisalak yang diserahkan oleh Kepala Kantor Kemenag Kab. Batang diwakili oleh Kepala KUA Kecamatan Limpung H. Muh. Junaidhi.

Selanjutnya kegiatan diisi materi pertama dari Kemenag Kab. Batang  yang disampaikan oleh Kepala KUA Kecamatan Limpung dengan materi sosialisasi UU Perkawinan No.1 Tahun 1974. Juga dijelaskan prosedur pendaftaran nikah atau layanan nikah pada masa pandemi.

H. Muh Junaidhi dalam keterangannya menyampaikan UU perkawinan ini perlu disampaikan kepada masyarakat karena tidak sedikit dari masyarakat yang belum mengetahuinya.

“Masyarakat harus mengetahui UU Perkawinan karena itu menjadi dasar melangsungkan pernikahan, dalam UU no.1 tahun 1974 itu masyarakat dapat secara jelas bagaimana perkawinan di Indonesia itu dilakukan, persyaratan apa sajayang harus dipenuhi dan sebagainya,” jelasnya.

Dia juga menambahkan bahwa banyak kebijjakan pemerintah baik dalam masalah pernikahan, wakaf maupun persoalan keagamaan lainnya yang merupakan tugas pokok dan fungsi KUA yang juga harus dipahami oleh masyarakat.

“ KUA tidak hanya untuk nikahan saja namun banyak tugas pokok dan fungsi yang diembannya bahkan hamper semua persoalan agama dan keagamaan masuk dalam tugas KUA, untuk itu kesempatan ini sangat baik untuk menjelaskan pada masyarakat,” tambahnya.

Kepala Desa Kalisalak Kecamatan Limpung Setiadi dalam sambutannya menyampaikan banyak terimakasih kepada Kodim 0736 Batang dan Kepala kantor Kemenag Kab. Batang yang telah menyelenggarakan kegiatan di desanya baik fisik maupun non fisik ini.

“ Saya menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada kodim 07 Batang yang telah melaksannakan TMMD tahun ini di desa Kalisalak ini, baik fisik maupun nonfisik sebagai programnya, semua sangat bermanfaat untuk masyarakat, juga kepada Kemenag Batang yang telah memberikan bantuan kepada fakir, dan miskin di sini, semoga zakat yang disalurkan ini akan menambah amal kebaikan bagi keluarga besar Kemenag Kab. Batang,” tegas Setiadi.

Sementara itu Arief Sujarwo Babinsa dari Koramil Limpung yang mewakili Dandim 0736 Batang menjelaskan bahwa kegiatan non fisik ini adalah kegiatan terakhir dari serangkaian kegiatan TMMD Sengkuyung II TA 2021 di Desa Kalisalak. dia juga mengajak kepada masyarakat Desa Kalisalak untuk tetap menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan.

Peserta diskusi sangat antusias mengikuti kegiatan walau dengan waktu yang sangat terbatas. Suasana semakin meriah ketika dilanjutkan materi kedua dari DP3AP2KB dengan materi Penyuluhan KB. (Yuni/Zy)